Selasa, Mei 6

Tour de Singkarak 2014



TOUR DE SINGKARAK 2014 DIIKUTI OLEH 20 TIM BALAP SEPEDA
PERSAINGAN MEREBUT GELAR JUARA DIPREDIKSI SEMAKIN KOMPETITIF DAN MENARIK

Jakarta, 27 Maret 2014. Tour de Singkarak 2014 diprediksi akan berlangsung lebih kompetitif dan menarik dibandingkan penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, sebanyak 20 tim balap sepeda yang terdiri dari 16 tim luar negeri dan 4 tim dari Indonesia akan menguji kemampuan mereka dalam menaklukkan tantangan-tantangan di 9 stages Tour de Singkarak 2014. Diantara 16 tim luar negeri yang akan bertanding di Sumatera Barat pada Juni nanti, direncanakan akan terdapat 2 tim dengan status Pro Kontinental dari Eropa. Kehadiran dua tim professional yang berisikan para pembalap dengan pengalaman bertanding di ajang balapan dunia kelas elit seperti Tour de France atau Giro d’Italia tersebut akan menambah keseruan Tour de Singkarak 2014. Banyak pihak menilai bahwa 2 tim pro kontinental tersebut akan memberikan ancaman serius bagi para pembalap Iran yang selama ini menjadi langganan juara pada Tour de Singkarak.

Persaingan ketat antara para pembalap Iran yang memiliki kekuatan fisik prima dengan para pembalap berpengalaman dari Eropa yang dikenal gigih dan berbekal teknik balap sepeda mengagumkan ini akan menjadi tontonan yang menarik bagi para penikmat olahraga balap sepeda. Terlebih lagi, total hadiah 1,3 Milyar Rupiah yang ditawarkan dalam Tour de Singkarak tahun ini akan menjadi motivasi utama yang memanaskan persaingan tersebut. Di samping itu, kemampuan beberapa pembalap dari negara-negara Asia-Pasifik seperti Malaysia, Filipina, China, Jepang dan Australia yang telah berkompetisi di Tour de Singkarak secara konsisten sejak tahun 2009 juga tidak bisa dipandang sebelah mata dan siap menjadi kuda hitam. Para pembalap ini memiliki modal berupa penguasaan medan yang lebih baik, terutama dalam hal adaptasi terhadap suhu udara di Sumatera Barat yang tergolong panas.

Dari dalam negeri, 4 tim lokal termasuk Tim Nasional Indonesia yang direncanakan akan kembali berpartisipasi dalam Tour de Singkarak 2014 ini diharapkan dapat menampilkan performa terbaik mereka untuk bersaing dengan para pembalap dari luar negeri. Level kompetisi Tour de Singkarak 2014 yang kian meningkat dan persaingan yang semakin sengit dinilai sangatlah baik untuk mengasah kemampuan para pembalap Indonesia dan juga menjadi ajang pembelajaran yang sesuai untuk para pembalap muda. Tahun lalu, Tim Nasional Indonesia berhasil duduk di peringkat ketiga pada klasemen akhir klasifikasi umum, dibawah Tabriz Petrochemical Iran dan Budget Forklifts Australia. Pada tahun ini, tentu ada harapan agar mereka dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan prestasi tersebut. Publik tentu juga berharap agar tim-tim lokal lain dari Indonesia dapat mempersiapkan diri dengan lebih matang agar mampu unjuk diri dan memberikan perlawanan yang luar biasa kepada tim-tim tamu dari luar negeri.




TOUR DE SINGKARAK 2014 MENJELAJAHI 18 KABUPATEN DAN KOTA
DIMULAI DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN DAN BERAKHIR DI KOTA PADANG

Jakarta, 25 Maret 2014. Tour de Singkarak 2014 mencatatkan sebuah rekor baru yang mengagumkan dan sekaligus menjadi pencapaian luar biasa bagi ajang olahraga balap sepeda terbesar di Indonesia ini. Pada tahun ini, jumlah stage yang akan dilombakan bertambah dua dibandingkan pada tahun 2013 sehingga menjadi total sembilan stage. Apabila dibandingkan dengan penyelenggaraan pertama Tour de Singkarak di tahun 2009 yang hanya terdiri dari 4 stages, jumlah ini jelas merupakan peningkatan yang signifikan. Dengan balapan yang lebih panjang, maka persaingan untuk merebut total hadiah uang dan empat jersey (kuning, hijau, polkadot, merah-putih) akan menjadi semakin seru dan menarik. Konsistensi para pembalap untuk terus menunjukkan penampilan terbaik mereka sepanjang 9 stage akan menjadi faktor yang sangat berpengaruh bagi hasil perlombaan.

Selain rekor jumlah stage yang terpanjang, Tour de Singkarak 2014 juga menorehkan pencapaian baru dalam hal keikutsertaan kota dan kabupaten di Sumatera Barat sebagai daerah pendukung. Pada tahun ini, Tour de Singkarak didukung secara penuh oleh 18 kabupaten dan kota, bertambah satu dari tahun sebelumnya yaitu Kabupaten Pasaman Barat. Dengan demikian, maka Tour de Singkarak kali ini akan menjelajahi seluruh kabupaten dan kota yang terletak di daratan Sumatera Barat. Dari seluruh wilayah administratif yang tergabung di Provinsi Sumatera Barat, hanya tinggal Kabupaten Kepulauan Mentawai saja yang belum disambangi oleh Tour de Singkarak. Hal itu pun lebih dikarenakan oleh permasalahan teknis berupa aksesibilitas dari daratan Sumatera Barat ke Kepulauan Mentawai yang terdiri dari gugusan pulau kecil.

Kedelapanbelas daerah pendukung Tour de Singkarak 2014 yang akan menjadi lokasi start dan finish dalam ajang balap sepeda internasional ini adalah Padang Pariaman, Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, 50 Kota, Tanah Datar, Bukittinggi, Agam, Payakumbuh, Solok, Padang Panjang, Kota Solok, Sijunjung, Dharmasraya, Sawahlunto, Solok Selatan, Pesisir Selatan dan Padang. Acara pembukaan dan Grand Start (stage 1) akan digelar di Kabupaten Padang Pariaman sementara Grand Finish (stage 9) dan penutupan akan berlangsung di Kota Padang. Pemerintah daerah dari kedelapanbelas daerah pendukung tersebut telah menyatakan kesiapan mereka untuk memberikan dukungan dan berkontribusi aktif dalam mensukseskan Tour de Singkarak 2014. Saat ini, sejumlah rapat dan persiapan-persiapan teknis terus dilakukan oleh pemerintah daerah, baik yang sifatnya internal maupun koordinasi dengan pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Sekretariat Tour de Singkarak.
Etape Tour de Singkarak 2014
Etape Tour de Singkarak 2014

Scedule 'Tour de Singkarak 2014' 7 - 15 Juni 2014 (Around West Sumatera)

Etape 1 : Sabtu, 7 Juni 2014 Padang Pariaman-Pariaman
Etape 2 : Minggu, 8 Juni 2014 Pasaman-Pasaman Barat
Etape 3 : Senin, 9 Juni 2014 50 Kota - Tanah Datar
Etape 4 : Selasa, 10 Juni 2014 Bukittinggi - Agam
Etape 5 : Rabu, 11 Juni 2014 Payakumbuh - Solok
Etape 6 : Kamis, 12 Juni Padang Panjang - Solok
Etape 7 : Jum'at, 13 Juni 2014 Sijunjung - Dharmasraya
Etape 8 : Sabtu, 14 Juni 2014 Sawahlunto - Solok Selatan
Etape 9 : Minggu, 15 Juni 2014 Pesisir Selatan - Padang
Come & Visit West Sumatera 2014

Tidak ada komentar: