Selasa, Mei 6

Aia Angek Rimbo Panti

Di tengah kebisingan dan polusi udara karena banyak karbon dioksida hasil pem­bakaran kendaraan dan pab­rik, sangat payah kita mencari tempat yang sejuk asri dan bebas polusi. Kalau per­nya­taan di atas yang Anda ra­sakan, maka sangat tepat Objek Wisata Aia Angek Rimbo Panti yang menjadi tujuan wisata Anda.

Objek wisata adalah se­bu­ah tempat yang selalu ingin dikunjungi semua orang. Cagar Alam Rimbo Panti salah satunya. Taman wisata ke­banggaan masyarakat Panti ini memiliki panorama alam yang indah, sejuk, dan di­tumbuhi banyak pohon rin­dang. Taman berupa hutan (rimbo = rimba – red) alam ini berada di nagari Panti kecamatan Panti,Kabupaten Pasaman. Kecamatan Panti memiliki taman wisata air panas.

Cagar alam Rimbo Panti terletak 30 km dari ibukota Kabupaten Pasaman arah utara menuju perbatasan provinsi Sumatra Barat de­ngan provinsi Sumatra Utara. Artinya kalau pengunjung dari Bukittinggi, setelah sampai di Lubuk Sikaping akan menempuh jalan sekitar 30 km lagi atau 30 menit perja­lanan barulah Anda akan memasuki kawasan cagar alam tersebut dengan terlebih dahulu menjumpai sebuah gapura mungil yang bertu­liskan“Selamat Datang di Cagar Alam Rimbo Panti”

Memasuki rimbo Panti, udara yang sejuk karena memang ditumbuhi oleh pepo­honan besar yang sudah tum­buh sejak lama dan masih terawat akan dijumpai di kiri dan kanan Anda. Lebih kurang dua kilo meter berikutnya akan dijumpai taman bermain dan tempat parkir kendaraan disebelah kanan kita. Di sana (dekat tempat parkir tersebut) ada para pedagang yang akan memanjakan selera para pengunjungnya. Masih ditem­pat yang sama ada juga taman bermain untuk kelu­arga berupa ayunan, goa mo­nyet, kuda-kudaan dan hari­mau-harimauan. Maksudnya kalau kesana libur dengan keluarga akan terisi dengan baik.


Untuk kepentingan keil­muan, dilokasi yang sama (tempat parkir) ada herba­rium didalamnya tersimpan berbagai nama dan spesies tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan yang ada di cagar alam Rimbo Panti tersebut. Dihari-hari tertentu tempat itu diramaikan oleh para peneliti biasanya dari mahasiswa UNAND dan UNP.

Tidak itu saja yang ada di sana, diseberang jalan bila berada di tempat parkir tadi. Ada kolam renang dan taman-taman yang indah. Kolam renangnya istimewa karena airnya hangat, sehingga me­nimbulkan kesenangan ter­sendiri bila mandi disana. Setelah menikmati kolam renang air hangatnya sambil istirahat dan menikmati makanan kecil para pe­ngun­jung dan keluarga bisa santai di taman kolam renang terse­but dimana para tumbuhan hijau dengan aliran air hangat mengalir dekat tempat duduk yang sudah tersedia disana.


Meskipun anda puas de­ngan hiburan keluarga dekat herbarium dan kolam renang tadi belum berarti bahwa keunikan dan pesonanya agar alam rimbo Panti sudah Anda nikmati semuanya. Hal tadi (herbarium, taman keluarga dan kolam renang) baru se­bagian dari keindahan dan keistimewaan yang ada. Ka­rena masih ada sumber mata air panas yang dilengkapi pula dengan taman dan panggung hiburan dan musholla yang air beruduknya juga berasal dari sumber air panas.

Sumber air panas ini berada dekat dengan kolam renang tersebut. Untuk kesana pengunjung harus keluar dari lokasi kolam renang menuju jalan lintas Sumatra dan menuju ke arah utaranya sekitar 30 meter. Pengunjung akan melihat pintu masuk yang sengaja dijaga oleh petugas dinas pemuda olah raga dan kebudayaan yang menjual karcis tanda masuk kesana. Tidak mahal hanya Rp. 3.000 rupiah.

Disana pengunjung bisa menikmati telor rebusan sumber air panas tersebut dengan kelu­arga. Kalau saat tertentu di panggung hiburan tersebu diadakan berbagai kegiatan kesenian yang mampu menam­bah daya tarik pengunjung agar tetap selalu menjad­walkan kunjungan ke cagar alam Rimbo Panti itu.

Untuk keperluan ibadah atau ke wc di samping lokasi sumber air panas tersebut, ada lokasi musholla dan wc yang airnya juga hangat. Dan se­nang untuk dijadikan air berwudhuk ditengah kesejukan suana cagar alam rimbo panti itu.


Beberapa banguna seperti herbarium, kolam renang, taman, pintu gerbang dan kebersihan selalu menjadi kegiatan rutin yang dilakukan agar para pengunjung Aia Angek tersebut merasa puas. Kedepan akan tetap di­prio­ritaskan promosi dan berbagai kegiatan wisata yang dilak­sanakan di sana agar nuansa indahnya tetap menye­bar dan mampu menambah kema­sukan bagi Pemkab Pasaman.





Tidak ada komentar: