Rabu, Mei 14

6 Alasan Kenapa Harus Datang Wisata ke Sumatera Barat


Ingin traveling ke Sumatera tapi bingung menentukan lokasi?


Provinsi ini memiliki alam yang indah dan segudang alasan lain mengapa Anda harus datang ke sini.

Anda pasti tahu makanan Padang yang tersebar hampir di seluruh kota. Tapi pernahkah Anda berkunjung langsung ke kota asalnya? Kalau belum, berikut adalah 6 alasan yang dikumpulkan, mengapa Anda harus berkunjung ke Sumatera Barat:

1. Alamnya Indah
Sumatera Barat memiliki kondisi alam yang indah dengan adanya bukit barisan yang mengelilingi. Sepanjang mata memandang, Anda akan disuguhkan dengan panorama alam yang begitu cantik melalui bukit hijaunya.

Tidak hanya bukit, Anda juga bisa melihat keanggunan air terjun Lembah Anai yang mengucurkan air deras dari perbukitan. Jalan ke Bukittinggi, Anda bisa melihat Ngarai Sianok dengan tebing tinggi dan air segar yang mengalir di sungainya.

2. Udara yang bersih
Dikelilingi bukit hijau yang berbaris rapi, Sumatera Barat menjanjikan udara segar yang mungkin sulit Anda temui di kota besar. Tariklah nafas dalam-dalam, dan hiruplah udara segarnya. Biarkan oksigen bersih masuk ke dalam paru-paru Anda.

Beberapa tempat yang menyuguhkan udara bersih adalah Padang Panjang dan Bukittinggi. Di sana, Anda tidak hanya akan mendapatkan oksigen segar, tetapi juga udara dingin dan cantiknya kota yang dipenuhi tanaman. Begitu rindang.

3. Makanan yang lezat
Siapa yang tak kenal makanan Padang, hampir semua orang suka dengan makanan khas Sumatera Barat ini. Meskipun identik dengan rasanya yang pedas dan sedikit menggigit lidah, makanan khas Padang, seperti rendang dan sate Padang sering kali menjadi pilihan santap siang.

Nah, kalau biasanya Anda mencicipi makanan Padang hanya di rumah makan yang tersebar di berbagai kota, cobalah mencicipinya langsung di daerah asalnya. Tidak perlu ragu soal rasa, dijamin pasti ketagihan! Bumbu yang digunakan lebih ‘berani’ ketimbang yang ada di rumah makan Padang di daerah lain.

Salah satu tempat yang menjual aneka masakan khas Sumatera Barat ada di Pasar Lereng Bukittinggi. Di sana ada banyak warung nasi kapau dengan aneka menu pedas yang siap memanjakan lidah Anda. Yummy!

4. Jam Gadang
Salah satu simbol yang identik dengan Sumatera Barat adalah Jam Gadang. Meskipun berada di Kota Bukittinggi dan bukan Padang, Jam Gadang selalu menjadi incaran setiap turis yang datang.

Penasaran bagian dalamnya? Masuk saja langsung ke dalam jam, nanti akan ada pemandu yang menjelaskan sejarah Jam Gadang. Puas di dalam jam, kini saatnya menikmati kota. Sambil duduk di alun-alun Jam Gadang, Anda bisa menikmati panorama Kota Bukittinggi yang indah dihias bukit barisan.

5. Belanja di Bukittinggi
Pasar yang selalu dikunjungi setiap traveler yang datang ke Sumatera Barat adalah Pasar Bukittinggi. Terbagi atas tiga pasar, Bukittinggi menjanjikan wisata pasar yang asyik dikunjungi berbagai kalangan. Ditambah udara dingin yang menyelimuti Bukittinggi, membuat wisata belanja Anda semakin seru.

Pasar pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Pasar Atas. Di Pasar Atas ada aneka macam kain yang bisa Anda beli, seperti kain songket dan kain sulam. Turun ke Pasar Lereng, aneka suvenir dan warung nasi kapau berjejer menyambut kedatangan Anda. Turun lagi ke Pasar Bawah, aneka bahan belanjaan untuk mengisi dapur Anda tersedia lengkap di sana.

6. Kereta Mak Itam
Nah, ini dia daya tarik baru yang ditawarkan Sumatera Barat. Wisata menggunakan lokomotif tua yang diberi nama Mak Itam. Mak Itam adalah salah satu kereta tua langka yang bergerigi di bagian tengahnya. Telusur boleh telusur, hanya ada dua negara yang memilikinya, yaitu Indonesia dan Swiss.

Mak Itam tersedia di Sawahlunto. Dengan membayar Rp 15.000, penumpang akan diangkut dari Stasiun Sawahlunto menuju Muara Kalaban. Nantinya, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan cantik dari sawah dan melewati terowongan. Seru!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Sabana RANCAK.....!!