Kamis, Mei 8

Pantai Tiram Padang Pariaman

Siapa tidak mengenal dengan pantai yang satu ini. Walaupun merupakan pantai yang baru berkembang, namun dengan seiringnya waktu, pantai ini sudah menjadi cukup terkenal di kalangan wisatawan.

Karena selain pemandangan alam pantainya yang memang sangat indah, pantai ini juga menjadi tempat tujuan favorit wisatawan yang ingin berwisata kuliner.

Lokasi Dan Transportasi
Lokasi pantai Tiram ini berada dalam wilayah Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Jika anda berada di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) maka hanya berjarak sekitar 12 Kilometer untuk menuju kesini.

Saat keluar dari bandara, anda bisa belok ke kiri, patokannya adalah setelah anda melewati pintu masuk pantai ketaping, maka tidak lama lagi anda akan tiba di pantai tiram ini. Angkutan untuk menuju kesini dapat dengan menggunakan kendaraan pribadi roda empat ataupun kendaraan roda dua.

Jika anda tidak membawa kendaraan pribadi, maka anda dapat menyewa mobil dari dalam bandara ataupun dari dalam kota. Rata-rata tarif sewa yang diberikan adalah sebesar Rp 450.000* ) untuk sehari, sudah termasuk mobil, bensin dan sopirnya.

Sopir di kota ini sudah sangat paham dengan jalur-jalur menuju ke objek wisata, anda cukup memberi tahu sopir kemana tujuan anda maka sopir pun akan segera mengantar anda sampai ke tujuan dengan lebih cepat.

Wisata
Kawasan wisata pantai Tiram ini tidak pernah sepi dari pengunjung, mereka yang datang kesini tak hanya berasal dari masyarakat lokal saja, bahkan wisatawan dari mancanegara pun sering datang ke pantai ini.

Pantai tiram sendiri memiliki luas sekitar 10,5 hektar dengan garis pantai yang sangat memukau dipandang mata, selain itu pula yang menjadi khas di kawasan wisata ini adalah kuliner tradisionalnya, yaitu masakan khas minang yang terkenal dengan rasa sedikit pedasnya namun sangat enak saat dimakan.

Pengunjung yang datang dapat bersantai menyaksikan pemandangan laut lepas sambil menikmati makanan yang disajikan oleh warung-warung setempat.

Saat ini kawasan wisata pantai tiram menjadi perhatian oleh pemerintah daerah setempat untuk dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

Dikarenakan memiliki potensi, maka pembangunan sarana dan prasarana mulai di prioritasnya di tempat ini, seperti pembangunan gerbang untuk masuk ke pantai, pembaharuan akses jalannya dan beberapa pembangunan lainnya yang mulai dikerjakan secara bertahap, membuat lokasi wisata ini menjadi lebih bagus dan lebih layak untuk dikunjungi oleh wisatawan dari mancanegara.

Selain dengan prioritas pembangunan tadi, di lokasi wisata pantai tiram ini sering pula diadakan event-event kegiatan, baik yang dilakukan oleh pemerintah daerah setempat, maupun oleh sekelompok masyarakat.

Event kegiatan tersebut seperti kegiatan tanam sejuta pohon, penghijauan, lomba pacu monyet memanjat kelapa serta masih banyak lagi serangkaian lomba dan event yang lainnya, dimana kegiatan ini diadakan setiap satu tahun sekali pada hari libur.

Sering pula objek wisata satu ini menjadi lokasi tempat untuk belajar kelompok bagi kalangan pelajar, tempat mengadakan pertemuan rapat dan bahkan acara perpisahan.

Dahulunya pantai tiram ini, masih sangat sepi dari pengunjung, mereka yang datang pun terkadang hanya pemuda-pemudi setempat saja. Warung makanan pun masih jarang ditemui, hanya ada beberapa warung kecil dan juga hanya ada satu warung yang menjual nasi.

Namun seiring berjalannya waktu dengan perhatian dari pemerintah dan masyarakat setempat, kini tempat ini sudah semakin membaik, warung-warung makanan sudah semakin banyak, tidak hanya warung kecil, bahkan restoran-restoran pun akan dapat kita jumpai disini.

Pengunjung yang datang pun semakin hari semakin banyak, apalagi jika menjelang libur, dapat dipastikan semua restoran yang ada akan penuh oleh pengunjung yang memang menyukai masakan tradisional minang, khususnya khas Padang Pariaman.

Pemandangan alamnya yang sangat indah dengan suasana alami ditambah keasrian udara yang sangat sejuk membuat kawasan wisata ini menjadi tempat yang sangat cocok bagi anda yang ingin menghilangkan kepenatan.

Apalagi dengan harga makanan dan minuman yang dijual di sekitar kawasan pantai ini relatif murah, membuat tempat ini menjadi lokasi favorit bagi setiap kalangan pengunjung.

Tips
1. Hormatilah adat istiadat yang berlaku di lokasi setempat. 
2. Sebaiknya bawalah sampah anda pulang atau buanglah sampai ke tempat sampah, jangan membuang sampah sembarangan di lokasi pantai. 
3. Bawalah barang bawaan anda secukupnya, jangan sampai memberatkan perjalanan anda. 
4. Jika anda ingin berenang, sebaiknya berenanglah di tepian pantai dan selalu waspada dengan ombak yang datang. 
5. Bawalah penutup kepala seperti topi atau payung, karena cuaca di pantai terbilang cukup panas. Bawalah pula sunblock untuk mencegah kulit anda terbakar dari sengatan matahari. 
6. Berhati-hatilah dalam memilih makanan, terkadang makanan yang tidak cocok dengan perut anda akan membuat sakit perut, sehingga akan mengganggu liburan anda.
Mengunjungi pantai Tiram ini merupakan pilihan yang tepat untuk berlibur bersama keluarga, karena selain anda dapat menikmati pemandangan pantai, anda pun dapat berwisata kuliner di tempat ini. Ajaklah serta teman atau keluarga anda agar liburan semakin menyenangkan. Selamat berlibur!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Silahkan Lihat Photo lainnya

Tidak ada komentar: