Rabu, Mei 7

Pantai Gandoriah Pariaman


Pantai Gandoriah – Kota Pariaman, adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Sumatera Barat. Kota ini berada di daerah paling barat di kawasan Sumatera Barat, maka dari itu tak heran jikalau kota Pariaman ini memiliki beberapa Pantai-Pantai yang selalu ramai akan para wisatawan yang berkunjung untuk menghabiskan waktu liburan mereka.

Pantai ini memiliki pasir putih dan landai, serta ombak Tidak terlalu besar sehingga cocok untuk berenang dan bermain ombak. Sepanjang pantainya di tumbuhi pohon cemara pantai sehingga terkesan sejuk dan asri.

Lokasi dan Transportasi
Pantai Gandoriah ini adalah salah satu Pantai yang berada kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Pantai Gandoriah ini pun letaknya tidak jauh dari di pusat kota Pariaman Mungkin kalau di hitung-hitung, jarak yang di tempuh hanya kurang lebih sekitar 100 meter saja dari pusat kota Pariaman, sangat dekat bukan.

Apalagi tepat di depan lokasi objek wisata Pantai Gandoriah ini terdapat sebuah stasiun kereta api Wisata Sibinuang yang berada dalam jalur kereta dari Stasiun Simpang Haru, Padang, sampai ke Stasiun kota Pariaman.

Nah, untuk bisa sampai ke Lokasi Pantai Gandoriah ini tidak terlalu sulit, karena ada banyak angkutan umum dalam kota yang siap untuk mengantarkan anda kemanapun tujuan anda pergi, Contohnya saja seperti angkot, taksi, bentor, dan juga bendi.

Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Jika anda berasal dari Luar Kota Pariaman, anda bisa menggunakan kendaraan apa saja untuk sampai kota ini, mulai dari bus antar kota atau antar Provinsi misalnya, mobil, Travel, kereta api, hingga Pesawat. kalau Dari kota Padang, anda bisa naik mobil bus malam, mobil Travel, dan Kereta api.

Karena jarak antara kota Padang dengan kota Pariaman kurang lebih sekitar 65 kilometer, maka anda akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 sampai 3 jam perjalanan. Kalau dengan kereta api, mungkin waktu yang anda tempuh akan lebih singkat lagi, sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan.

Namun ya anda sendiri pasti tahulah, bagaimana fasilitas yang di berikan kereta api, anda harus merogoh kocek yang lebih mahal untuk bisa mendapatkan fasilitas yang nyaman.

Untuk Bus dalam Provinsi ini, anda akan di patok tarif sekitar Rp 25.000 – Rp 30.000*) per orang nya. Sedangkan untuk jasa travel, anda akan dikenai biaya ongkos sebesar Rp 30.000 – Rp 40.000*) per orang nya.

Cukup mahal memang, tetapi sesuai dengan fasilitas yang akan anda dapat kan didalam travel itu, seperti fasilitas full AC, snack dan lain-lain.

Namun, bagi anda yang berasal dari luar Provinsi, atau bahkan luar pulau, kalau anda tidak mau lelah dan ingin cepat sampai, anda bisa naik pesawat dengan tujuan Bandara Internasional Minangkabau.

Jarak dari Bandara ke kota Pariaman ini, hanya sekitar 25 kilometer saja, jadi anda tidak perlu lagi melewati kota Padang atau kota-kota di Sumatera Barat lainnya.

Wisata
Objek Wisata Pantai Gandoriah ini adalah Pantai yang paling ramai di kunjungi oleh masyarakat. Jika anda datang dengan membawa kendaraan, anda harus membayar tiket untuk semua jenis kendaraan sekitar Rp 5.000*) per kendaraan agar bisa masuk ke kawasan objek wisata Pantai Gandoriah. Lumayan bukan, daripada kendaraan anda harus ditinggal diluar dan tidak aman.

dan juga Pantai Gandoriah ini adalah Pantai yang sering menjadi lokasi atau tempat diadakannya acara-acara atau festival kebudayaan masyarakat minangkabau setiap tahunnya.

Acara tersebut dinamakan upacara pembuangan Tabuik, yang mana acara tersebut dari tahun ke tahun selalu di laksanakan pada saat matahari terbenam, pada tanggal 10 Muharram.

Pantainya yang putih dan landai, serta air lautnya yang biru dan segar, membuat anda betah untuk berlama-lama di Pantai ini, bahkan ketagihan untuk kembali ke pantai ini lagi.

Selain berenang dan menikmati pemandangan indah Pantai Gondariah ini, banyak para pengunjung yang juga memancing disana sembari duduk di atas batu karang, banyak anak-anak kecil yang bermain pasir dan bermain ombak di pinggiran pantai, bahkan sering kali ada beberapa wisatawan yang melakukan surfing ataupun diving di tempat ini.

Bukan hanya pemandangan laut saja yang bisa anda lihat di depan pantai ini, anda juga bisa melihat beberapa pulau kecil yang antara lain adalah Pulau Kasiak, Pulau Pandan, dan Pulau Angso Duo.

Tips

1. Pantai Kuala Gandoriah ini memang menggoda setiap mata untuk berenang, akan tetapi bagi anda yang takut kulitnya terbakar, terutama perempuan, sebaiknya memakai sunblock atau krim anti sengatan sinar UV, karena meski tidak terlalu panas, bukan berarti kulit anda tidak akan terbakar, udaranya sejuk di karenakan oleh semilir angin laut yang berhembus.
2. Pastikan bahwa keperluan anda sudah lengkap semuanya, dan pastikan juga anda membawa pelampung untuk berjaga-jaga, karena meski disana pasti tersedia jasa penyewaan pelampung, namun bisa saja kehabisan stock dikarenakan banyaknya para pengunjung.
3. Bawalah uang secukupnya, dan jangan berada jauh-jauh dari barang bawaan anda, kalau bisa ajaklah satu orang yang mau menjaga barang bawaan anda disatu tempat, karena mungkin itu lebih aman.
4. Jangan lupa untuk membeli cinderamata atau souvenir sebagai oleh-oleh, anda bisa menemukan beberapa toko yang tidak begitu jauh letaknya dari kawasan Pantai Gandoriah ini, jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khas di kota Pariaman tersebut.
5. Nah, satu lagi, ada baiknya jika anda makan dulu sebelum berenang, untuk menghindari masuk angin dan juga kram perut. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?


Tertarik untuk berlibur ke tempat wisata yang sangat populer di kota Pariaman ini? Tempat wisata Pantai Gandoriah ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghabiskan liburan dengan bersenang-senang bersama keluarga, ataupun teman-teman anda.

Jadi, persiapkan liburan anda yang akan datang dengan sebaik mungkin, bukan hanya persiapkan dananya, anda juga harus menyiapkan diri anda agar tetap fit selama liburan, agar liburan anda semakin menyenangkan. Selamat Berlibur!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu



Pantai ini selalu ramai terutama pada waktu perta tabuik dan waktu lebaran.

Disini juga tersedia Nasi Sek (Sebungkus Kenyang, nasi ini dibungkus dengan daun pisang), khas Pariaman yang menyajikan hidangan ikan laut yang diolah dengan cita rasa khas Pariaman. Disamping itu pengunjung bisa menikmati aneka gorengan hasil laut seperti udang, kepiting, sala bulek dan tak ketinggalan sate pariaman yang gurih sembari menikmati terbenamnya matahari di ufuk barat. Tepat didepan pantai terdapat pulau Kasiak, Pulau Pandan,dan Pulau Angso Duo. Pada saat-saat tertentu, pengunjung dapat mengunjungi pulau tersebut dengan menggunakan perahu bercadik dari nelayan setempat.




Tidak ada komentar: