Kamis, Mei 8

Lubuk Cimantung Padang Pariaman

Lubuk Cimantung merupakan tempat favorit bagi masyarakat setempat untuk bersantai di sore hari maupun pada saat akhir pekan. Objek wisata alami ini merupakan sebuah sungai dengan bangunan irigasi yang berfungsi mengatur debit airnya yang di buat lebih besar ditambah dengan tamannya yang indah agar aman dan nyaman bagi pengunjung.

Lokasi Dan Transportasi
Lokasi objek wisata Lubuk Cimantung ini berada sekitar empat Kilometer dari Jalan utama Pasar Lubuk Alung, yaitu jalan yang menghubungkan Kota Padang dengan Kota Bukit Tinggi. Tepatnya berada di Nagari Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Karena jalan yang di lalui untuk menuju ke lokasi objek wisata ini merupakan jalan utama, maka banyak pilihan alternatif kendaraan yang bisa anda gunakan, baik kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua.

Baik itu dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan menggunakan kendaraan umum. Jika anda akan menggunakan kendaraan pribadi, maka anda bisa langsung menuju ke lubuk cimantung melewati jalan utama yang menghubungkan Kota Padang – Kota Bukit Tinggi.

Perjalanan akan lebih cepat karena anda tidak harus berhenti di pasar Lubuk Alung. Bagi anda yang akan menggunakan kendaraan umum, maka anda dapat mencari angkutan kota seperti Kuala yang berwarna putih atau angkutan Kopaba yang berwarna biru di perbatasan Kota Pariaman.

Dengan membayar ongkos sekitar Rp 3.000*) maka angkutan kota tersebut akan mengantarkan anda sampai menuju ke pasar Lubuk Alung.

Kemudian perjalanan dapat anda lanjutkan dengan menggunakan kendaraan ojek ataupun bentor. Ongkosnya berkisar antara Rp 5.000 – Rp 10.000*), maka anda pun akan tiba di lokasi objek wisata Lubuk Cimantung ini.

Alternatif lainnya anda dapat pula menyewa kendaraan mobil dari kota terdekat. Banyak tersedia tempat penyewaan mobil yang bisa ditemukan pada setiap kota yang anda singgahi. Tarif untuk penyewaan kendaraan roda empat, biasanya berkisar antara Rp 300.000 – Rp 500.000*) per harinya, sudah termasuk mobil, bensin dan sopir.

Menariknya ketika menyewa mobil disini, anda tidak perlu bingung lagi mencari lokasi wisata lubuk cimantung, karena rata-rata sopir disini sudah paham dengan jalur untuk menuju ke lokasi objek wisata. Selain itu pula dapat lebih menghemat waktu, karena anda tidak harus gonta-ganti kendaraan lagi baik saat pergi maupun saat pulang dari lokasi wisata.

Wisata
Objek wisata lubuk cimantung memang tak pernah sepi dari pengunjung, setiap harinya selalu ada pengunjung yang datang, baik yang berasal dari daerah sekitar maupun dari luar kota. Selain sebagai objek wisata, tempat ini biasanya digunakan oleh masyarakat sekitar untuk mencuci pakaian ataupun tempat bermain bagi anak-anak.

Tak jarang pula banyak yang mandi di sungai ini, arusnya yang tidak terlalu deras menjadikan tempat ini cukup aman bagi anda yang ingin mandi untuk merasakan segarnya air lubuk cimantung.

Anda cukup turun melalui anak tangga yang sudah di buat untuk menuju ke sungai ini, sebaiknya berhati-hatilah saat melangkah karena anak tangga akan menjadi licin saat sedang basah.

Tidaklah mengherankan jika tempat ini selalu ramai, karena memang suasana pemandangan di lubuk cimantung yang terbuka luas sangat cocok bagi mereka yang ingin melepas penat. Dari kejauhan tampak bukit barisan yang menghijau mengelilingi lubuk cimantung ini, sangat menyejukkan mata bagi anda yang melihatnya.

Tidak hanya itu, pemandangan tersebut semakin membius mata kala hamparan persawahan yang berada di sekitarnya mulai menguning. Sungguh pemandangan luar biasa yang tidak akan bisa anda temukan di kota.

Disini anda tidak perlu khawatir kepanasan, karena sepanjang tepian sungai terdapat pepohonan rindang yang dibawahnya terdapat rerumputan bersih dan terawat yang bisa anda gunakan untuk bersantai bersama teman atau keluarga.

Di bawah pohon ini anda bisa menikmati pemandangan alam sambil bersantap siang bersama mereka, dijamin rasa kekeluargaan yang timbul akan semakin mendekatkan hubungan anda dengan mereka.

Jika anda tidak membawa bekal makanan dan minuman, maka anda dapat membelinya di sekitar lokasi objek wisata. Banyak terdapat warung-warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman, mulai dari makanan tradisional khas minang sampai dengan makanan modern yang bisa anda beli dengan harga murah.

Selain adanya warung tersebut, tempat ini juga sudah memiliki beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti tempat parkir, gazebo, dan fasilitas lainnya yang di buat oleh pemerintah daerah setempat untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung yang datang.

Tips
1. Jika anda ingin berlama-lama di tempat ini sebaiknya anda membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan, karena saat menjelang sore, kendaraan umum akan lebih susah di jumpai. 
2. Jika anda ingin berenang di tempat ini sebaiknya jangan berenang terlalu ke tengah, karena arusnya kadang-kadang bisa menjadi deras. 
3. Sebaiknya anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri sebelum menuju kesini, karena tempat ini selalu ramai dikunjungi, terutama saat hari libur, sehingga dapat dipastikan anda harus mengantri saat akan membeli makanan dan minuman di warung-warung yang tersedia. 
4. Bawalah barang anda secukupnya saja, jangan sampai memberatkan perjalanan, jika anda berniat mandi ditempat ini, pastikan anda membawa baju gantinya.
Lubuk Cimantung sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur santai, apalagi dengan lokasinya yang tidak begitu jauh dari kota. Jika anda berada di Kota Pariaman sebaiknya jangan lewatkan tempat yang satu ini. Ajaklah serta teman atau keluarga anda agar liburan semakin menyenangkan. Selamat berlibur!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Tidak ada komentar: