Kamis, Mei 8

Lubuk Cukam Padang Pariaman

Lubuk Cukam memiliki arti kolam, memang merupakan sebuah objek wisata pemandian, tetapi sebenarnya bukan berupa kolam melainkan aliran sungai yang dijadikan pemandian karena keistimewaannya.

Banyak hal menarik yang dihadirkan Lubuk Cukam ketika anda berwisata sembari bermain air di tempat ini, maka dari itu, Lubuk Cukam ini jarang sepi dari wisatawan terutama pada hari-hari libur.

Lokasi dan Transportasi
Objek wisata Lubuk Cukam ini berada tidak jauh dari jalan utama yang menghubungkan Kota Padang ke Kota Bukit Tinggi. Tepatnya berada di Desa Asam Pulau, Kecamatan Anduring, Padang Pariaman.

Atau bisa ditemukan sekitar 7 kilometer dari Kecamatan Lubuk Alung yang bisa di temukan langsung dari jalan utama yang menghubungkan Kota Padang dan Bukit Tinggi tersebut.

Untuk mencapai lokasi Lubuk Cukam, anda sudah bisa menggunakkan kendaraan roda dua maupun roda empat. Rutenya pun tinggal mengikuti jalan utama tersebut kemudian menuju ke Kecamatan Lubuk Alung.

Dari sini, hanya 7 kilometer untuk mencapai Lubuk Cukam. Jangan ragu untuk bertanya pada penduduk sekitar jika anda bingung untuk menemukan jalannya.

Untuk anda yang tidak membawa kendaraan sendiri, anda bisa menggunakkan angkutan kota seperti kopaba berwarna biru serta kuala berwarna putih.

Anda bisa menemukannya di perbatasan Kota Pariaman kemudian anda akan diantar sampai ke Lubuk Alung. Dari Lubuk Alung ini, anda bisa mencari angkutan lain seperti ojek ataupun bentor untuk mencapai lokasi dari objek wisata Lubuk Cukam.

Untuk anda yang tidak ingin repot berganti-ganti angkutan, apalagi untuk anda yang membawa serta rombongan baik rekan maupun keluarga anda, ada baiknya menyewa kendaraan roda empat dari Kota Padang maupun Pariaman.

Tarif untuk penyewaan kendaraan roda empat, biasanya berkisar antara Rp 300.000 – Rp 500.000*) per harinya, selain itu anda juga bisa meminta menggunakkan sopir agar anda tidak perlu bingung untuk mencari jalan.

Selain tidak merepotkan untuk berpindah-pindah kendaraan, dengan cara ini, kemungkinan akan lebih hemat serta tidak perlu bingung mencari angkutan untuk pulang.

Wisata
Objek wisata yang satu ini, merupakan pilihan wisata yang tepat jika anda ingin merasakan sensasi kesegaran air alami dengan suasana hijau yang menyejukkan mata. Air yang ada di Lubuk Cukam ini merupakan aliran dari Sungai Batang Anai yang berhulu di sekitar Gunung Singgalang dan bermuara di Samudera Hindia.

Daya tarik utama dari Lubuk Cukam ini adalah airnya yang sangat jernih dengan suhu air yang sejuk tetapi tidak terlalu dingin. Belum lagi dihiasi bebatuan baik yang kecil maupun bebatuan yang besar di sepanjang alirannya serta di pinggir-pinggirnya.

Bebatuan ini bisa menjadi sarana refleksi untuk telapak kaki anda cukup dengan berjalan di atasnya atau, bisa menjadi tempat untuk duduk dan mengabadikan keindahan Lubuk Cukam dari atas bebatuan yang berukuran lebih besar.

Keistimewaan lain dari Lubuk Cukam ini adalah khasiat dari airnya. Entah mitos atau fakta, namun kebanyakkan dari wisatawan yang datang kemari, berhasil menyembuhkan beberapa penyakit kulit ringan seperti kadas, kurap, panu, koreng bahkan jerawat yang biasanya membuat tidak nyaman kaum muda mudi.

Maka dari itu, tak jarang wisatawan yang datang cukup beragam usianya. Yang menjadi keunikkan dari khasiat air Lubuk Cukam ini adalah, walaupun bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit kulit, tetapi, air yang ada di sini tidak mengandung belerang seperti halnya di beberapa pemandian yang sering menawarkan penyembuhan demikian.

Selain itu, pemadangan alam disekitar Lubuk Cukam juga sangat asri. Pepohonan rindang serta tumbuhan-tumbuhan hijau lainnya juga menjadikan penampilan Lubuk Cukam tampak teduh dan membuat anda nyaman untuk mandi di sini.

Arusnya memang tampak cukup deras karena riak yang dihasilkan dari banyaknya bebatuan, tetapi, Lubuk Cukam ini cukup dangkal sehingga aman bagi anda yang kurang bisa berenang.


Tips
1. Bawalah kendaraan pribadi ataupun sewaan jika anda ingin berlama-lama disini. Hal ini bertujuan agar anda tidak perlu terburu-buru untuk pulang karena kehabisan angkutan umum. 
2. Bawalah alas duduk sendiri jika anda ingin menikmati keindahan Lubuk Cukam seperti tikar. Atau, anda bisa langsung duduk di atas bebatuan jika tidak ingin repot terlalu banyak bawaan. 
3. Jika hari-hari libur tiba, sebaiknya siapkan makanan sebelum anda tiba ke Lubuk Cukam ini. Karena, jika pada hari libur, wisatawan menjadi sangat ramai sehingga agak sulit untuk memesan makanan di sekitar sini. Karena, penjualnya juga tidak begitu banyak. 
4. Jangan lupa untuk membawa baju ganti apalagi jika anda memang ingin mandi di Lubuk Cukam. 
5. Bawalah barang bawaan anda seperlunya agar tidak begitu banyak bawaan yang harus anda jaga serta tidak memberatkan bawaan anda.
Berwisata ke tempat-tempat yang menyimpan keindahan alam seperti Lubuk Cukam memang sangat sayang untuk di lewatkan. Selain bisa memberikan kesegaran pada tubuh anda juga bisa menyegarkan pikiran anda.

Apalagi air yang ada di Lubuk Cukam ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit. Maka dari itu, siapkan rencana wisata untuk berkunjung ketempat yang menarik ini jika anda berlibur ke Ranah Minang, khususnya Kota Pariaman. Selamat bersenang-senang!


*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Tidak ada komentar: