Kamis, Mei 8

Pulau Angso Duo Pariaman

Pulau Angso Duo – Ada sebuah pulau kecil yang indah, dengan banyak batu-batu karang dan kerang-kerang laut yang sering kali terhampar di tepi pantai di pulau ini. Pantai nya berpaasir putih bersih, dan juga lembut, jadi meski anda menapakkan kaki ke tanah tanpa memakai sepatu atau sandal, itu tidak akan membuat kaki kita sakit.

Tempat yang sangat indah dengan anginnya yang sepoi-sepoi ini bernama Pulau Angso Duo, salah satu pulau kecil yang indah, yang berada di kawasan Pariaman.

Lokasi dan Transportasi
Pulau Angso Duo ini adalah salah satu pulau kecil yang ada di kota Pariaman, dan Pulau Angso Duo ini adalah pulau yang berjarak paling dekat dengan bibir pantai kota Pariaman.

Pantai yang paling tepat untuk menyebrang ke Pulau Angso Duo ini adalah Pantai Gandoriah yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Pariaman, Sumatera Barat.

Nah, Sebelum ke Pulau Angso Duo, untuk bisa sampai ke Lokasi Pantai Gandoriah ini pun tidak terlalu sulit, karena ada banyak angkutan umum dalam kota yang siap untuk mengantarkan anda kemanapun tujuan anda pergi, Contohnya saja seperti angkot, taksi, bentor, dan juga bendi. Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

Namun untuk bisa membawa kendaraan anda masuk ke dalam kawasan objek wisata Pantai Gandoriah ini, anda harus membayar tiket untuk semua jenis kendaraan sekitar Rp 5.000*) per kendaraan.

Lumayan bukan, daripada kendaraan anda harus ditinggal diluar dan tidak aman. Setelah anda sampai di kawasan Pantai Gandoriah, anda bisa menggunakan speedboat, perahu ataupun kapal motor untuk bisa sampai ke Pulau Angso Duo.

Jika menggunakan speedboat anda bisa sampai hanya dalam waktu 15 menit saja. Jika menggunakan perahu, anda akan sampai di pulau tersebut dalam waktu kurang lebih sekitar 20 menit.

Jika anda berasal dari kota Padang yang berjarak 65 kilometer dari kota Pariaman ini, anda bisa menggunakan Transportasi apa saja untuk bisa sampai ke kota Pariaman. Contohnya saja, mobil, Travel, kereta api, hingga Pesawat. kalau Dari kota Padang, anda bisa naik mobil bus malam, mobil Travel, dan Kereta api.

Namun, bagi anda yang berasal dari luar Provinsi, atau bahkan luar pulau, kalau anda tidak mau lelah dan ingin cepat sampai, anda bisa naik pesawat dengan tujuan Bandara Internasional Minangkabau.

Jarak dari Bandara ke kota Pariaman ini, hanya sekitar 25 kilometer saja, jadi anda tidak perlu lagi melewati kota Padang atau kota-kota di Sumatera Barat lainnya.

Wisata
Pulau Angso Duo ini memang indah dan lumayan terkenal di kota Pariaman. Tapi tahukah anda, selain merupakan tempat objek wisata alam, Pulau Angso Duo ini juga merupakan kawasan wisata religi.

Hal ini karena di dalam Pulau Angso Duo ini ada sebuah kuburan panjang yang katanya adalah makam dari ulama besar yang masih merupakan kerabat dekat dari Syekh Baharuddin yang merupakan salah satu ulama besar Minangkabau.

Di Pulau Angso Duo ini, ada sebuah mushola yang di gunakan untuk beribadah bagi para peziarah yang kerap kali datang ke makam yang panjangnya mencapai hingga 5 meter ini.

Pulau ini sangat ramai jikalau tengah masa liburan, banyak para pengunjung yang juga berkemah dan menikmati keindahan alam di pulau ini, ada yang menyelam, karena kondisi laut di pulau ini juga memungkinkan untuk melakukan aktivitas diving dan snorkeling.

Pemandangan kala sunset ditempat ini juga sangat menawan, disaat langit berubah warna menjadi merah jingga. Air Laut yang terkena dengan pantulan cahaya nya pun terlihat seolah-olah berwarna keperakan di tiap pasang mata yang memandang.

Saat-saat yang seperti inilah yang sering kali di tunggu para wisatawan, berfoto dengan gaya siluet di bawah temaram cahaya matahari yang kian lama kian meredup ini sangatlah indah. Maka dari itu, rasakanlah sensasi memiliki pulau sendiri jikalau anda berkunjung ke Pulau Angso Duo ini.

Tips
1. Bagi anda yang takut kulit anda terbakar sengatan matahari, sebaiknya anda menggunakan sunblock sebelum berenang di pantai pulau angso duo ini. 
2. Karena ini pulau kecil, jadi kemungkinan tidak ada toko yang menyiapkan alat-alat selam di pulau ini, jadi ada baiknya anda menyiapkan dari awal keberangkatan anda, atau dari sebelum menyeberang ke Pulau Angso Duo ini. 
3. Anda bisa membawa bekal sendiri sebelum pergi ke pulau ini, atau jika mau, anda bisa memangcing ikan dan membuat ikan bakar di pinggir pantai. 
4. Jangan lupa untuk membeli cinderamata atau souvenir sebagai oleh-oleh, anda bisa menemukan beberapa toko yang tidak begitu jauh letaknya dari kawasan Pantai Gandoriah setelah anda pulang dari Pulau Angso Duo, dan jangan lupa juga untuk mencicipi jajanan khas kota Pariaman yang menggugah selera.
Bukankah menyenangkan jika berlibur di pulau yang tenang seperti Pulau Angso Duo ini, anda jadi bisa merasa bagaimana rasanya berlibur di pulau pribadi. Namun, untuk liburan di tempat seseru ini, sayang sekali jika anda tidak mengajak teman-teman atau keluarga anda untuk berlibur bersama.

Jadi, tunggu apalagi, siapkan rencana yang matang untuk berlibur ke Pulau Angso Duo ini, jangan sampai ada yang mengganggu liburan anda. Selamat Berlibur!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu
Silahkan Lihat Photo Pulau Angso Duo Pariaman

Tidak ada komentar: