Senin, Mei 5

Kopi Kawa


SEJARAH
Konon kabarnya, di zaman Belanda berkuasa, seluruh hasil panen buah kopi segar dari Ranah Minang, diekspor keluar negeri oleh bangsa penjajah, sehingga warga pribumi tidak mendapat kesempatan untuk mencicipi nikmatnya hasil seduhan buah kopi ini . Minum kopi pada zaman itu mempunyai kebanggaan tersendiri. Kebiasaan meminum kopi melambangkan dia orang berkelas pada zaman itu.

Seperti kata pepatah, tak ada rotan akarpun jadi. Tidak ada kopi daunya pun tak apalah, begitu kira-kira. Sehingga keinginan orang untuk menikmati minuman kopi sedikit terobati. Dan akhirnya minuman kopi kawa daun ini banyak yang mengemari karena rasanya yang unik (campuran teh dan kopi) dan mempunyai khasiat untuk kesehatan

Uniknya, untuk menikmati Kopi Kawa Daun ini kita tidak menggunakan gelas atau cangkir seperti biasanya tapi mengunakan wadah dari tempurung kelapa yang diberi tatakan bambu. Kopi Kawa Daun diseruput dengan pelan, hawa hangat terasa merayap di rongga dada

KHASIAT:
- Mempunyai antioksidan (seperti asam klorogenat dan guinides) yang dapat mengurangi penyakit degeneratif, seperti : Hipertensi, kanker, jantung koroner, kolesterol, diabetes, penyumbatan pembuluh darah.
- Kadar kafein yang rendah, bahkan lebih rendah daripada teh celup yang beredar di pasaran sehingga dapat mengurangi resiko penyakit mag.

MUNGKIN sebagian dari Anda tidak familiar mendengar teh yang terbuat dari daun kopi. Pasalnya, teh ini mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan.

Teh yang terbuat dari daun kopi memang belum banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Namun bagi warga Eropa, teh tersebut dikonsumsi tiap hari karena bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Royal Botanic Gardens di Kew, London dan Joint Research Unit for Crop Diversity, Adaptation and Development in Montpellier di Prancis mengatakan, teh dari daun kopi dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Teh ini pada dasarnya memiliki kandungan kafein yang sedikit daripada kafein yang terdapat dalam kopi atau teh. Selain itu, teh daun kopi mengandung antioksidan tinggi yang mampu menjaga daya tahan tubuh. Tak hanya itu, peneliti juga menyakini bahwa teh daun kopi dapat mengobati penyakit kurap, menurunkan hipertensi dan melancarkan saluran pernapasan.

Kopi Kawa dengan Bakwan
Menurut Dr. Aaron Davies dan Dr. Claudine Campa, Spesialis Gizi mengungkapkan, daun teh kopi mengandung tingkat antioksidan yang dapat melawan kanker ganas dibandingkan dengan kita mengonsumsi kopi atau teh.

“Daun ini baik untuk menurunkan berbagai risiko penyakit, bahkan neuron di dalam otak terlindungi jika kita mengonsumsinya,” kata Dr. Aaron, sebagaimana dilansir MedicalDaily, Selasa (22/1/2013).

Sejuta manfaat dari daun kopi berguna untuk kesehatan kita.

Saat menikmati kopi kawa ini akan terasa lebih nikmat lagi di temani dengan sepiring goreng pisang, akan membuat suasana akan terasa nikmat. Keunikan kopi kawa ini bukan dari bentuk dan rasanya, tapi wadah tempat minumnya, biasanya wadah untuk minum kopi atau teh di lakukan di dalam gelas, tapi ini akan terasa nikmat diminum di dalam batok kelapa. jadi kalau anda berjalan2 ke daerah tanah datar jangan sungkan untuk mencicipi kopi kawa.

photo EJK

Tidak ada komentar: