Jumat, Mei 9

Panorama Angin Berhembus Solok

Sekilas terdengar seperti bukan nama dari suatu tempat. Tapi jangan salah, Panorama Angin Berhembus ini merupakan sebuah lokasi objek wisata alam yang menghadirkan pemandangan alam yang indah dan sangat cocok untuk bersantai sembari melepas penat dalam rutinitas sehari-hari.

Lokasi dan Transportasi
Untuk menemukan objek wisata Panorama Angin Berhembus ini, anda bisa menuju Nagari Aripan yang berjarak hanya sekitar 6 kilometer dari pusat Kota Solok atau hanya memakan waktu kurang lebih 30 menit untuk tiba ke lokasi yang menawan ini.

Dalam perjalanan anda menuju lokasi Panorama Angin Berhembus, sebaiknya anda menggunakkan kendaraan pribadi saja, karena sulitnya angkutan umum yang ada di sekitar sini, apalagi saat anda bermaksud untuk pulang. Nah, jika di tempuh dari pusat Kota Solok, anda bisa menuju ke arah utara.

Untuk mencapai Nagari Aripan, selanjutnya anda bisa melewati wilayah Laing terlebih dahulu, tak jauh anda akan tiba di Nagari Aripan ini. Selanjutnya, bukanlah hal yang sulit untuk menemukan lokasi dari Panorama Angin Berhembus.

Tetapi, jika anda terpaksa untuk menggunakkan kendaraan umum, anda bisa menggunakkan ojek ataupun taksi yang bisa anda temukan di Kota Solok. Untuk mengantisipasi sulitnya kendaraan untuk pulang, anda bisa meminta nomor telepon tukang ojek ataupun nomor telepon taksi yang anda gunakkan agar anda tidak kesulitan saat mencari angkutan untuk pulang. Apalagi jika anda bersantai di sini sampai sore ataupun malam hari.

Ada baiknya pula anda menyewa kendaraan, jika anda bersama rombongan atau teman-teman anda. Hal ini bisa cukup menghemat sekaligus anda bisa berkunjung ketempat lainnya dengan kendaraan yang anda sewa. Biaya penyewaan mobil di Solok berkisar antara Rp 350.000 – Rp 500.000*) per hari, bahkan bisa lebih murah lagi jika anda punya kenalan penyewaan mobil di Solok.

Wisata
Panorama Angin Berhembus, merupakan objek wisata yang menawarkan penyejuk mata dengan indahnya hamparan kota Solok yang terbentang dari ketinggian. Jika di samakan dengan objek wisata yang cukup terkenal di mata wisatawan, Panorama Angin Berhembus ini bisa di mirip-miripkan dengan Bukit Bintang di Yogyakarta. Panorama Angin Berhembus ini, juga merupakan titik tertinggi di Kota Solok sehingga anda bisa melihat keindahan kota tanpa terhalang bangunan-bangunan lain.

Objek wisata yang satu ini, akan sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan ketika akhir pekan tiba, karena memang sangat cocok untuk menjadi tempat mengistirahatkan pikiran pada hari-hari libur. Apalagi, untuk berwisata dan bersantai di tempat ini juga bebas biaya. Sehingga bisa menghemat biaya wisata anda.

Di sisi timur tempat ini, anda akan melihat keindahan Danau Singkarak yang menjadi objek wisata andalan Kota Solok. Dari atas sini, anda bisa melihat Danau Terbesar kedua di Sumatera ini secara penuh beserta lekukan-lekukannya yang tampak membiru.

Di sisi lain, hamparan sawah-sawah penduduk yang menghijau mampu memberikan kesejukan bagi mata anda. Dari atas Panorama Angin Berhembus, anda juga bisa melihat gagahnya Gunung Marapi dan Gunung Talang dari kejauhan.

Nah, jika anda datang pada pagi ataupun sore hari, anda bisa melihat detik-detik saat matahari terbit ataupun matahari tenggelam. Suasananya akan tampak lebih indah jika berada di tempat yang mempesona dan alami seperti ini. Tak kalah lagi pada malam hari.

Lampu-lampu kota dan desa tampak indah seperti hamparan bintang yang terlihat berada di bawah anda. Maka dari itu, Panorama Angin Berhembus masih tetap di kunjungi wisatawan walaupun pada malam hari.

Selain itu, di Panorama Angin Berhembus ini, banyak pepohonan yang bisa membuat suasana menjadi rindang. Pepohonan jenis pinus tampak lebih banyak mendominasi wilayah ini. Karena suasana yang demikian, anda bisa menghabiskan waktu anda bersama keluarga maupun teman-teman anda untuk berpiknik sembari memandangi keindahan alamnya.

Tips
1. Jika anda ingin suasana yang lebih tenang, anda bisa datang pada pagi hari. Karena pada jam-jam di pagi hari, Panorama Angin Berhembus belum begitu ramai oleh pengunjung, selain itu, udaranya juga terasa lebih segar.
2. Jika anda ingin melihat pemandangan yang lebih mempesona, anda bisa sedikit berjalan sekitar 3 kilometer ke arah perkebunan masyarakat. Anda bisa menggunakkan kendaraan, tetapi jalannya kurang mulus. Karena berupa aspal kasar dan berkerikil. Dari tempat yang satu ini, anda bisa melihat lebih luas lagi tanpa terhalang pepohonan.
3. Sebaiknya bawalah makanan sendiri agar lebih hemat. Apalagi anda bisa sambil berpiknik. Jadi jangan lupa bawa tikar atau alas duduk sendiri, karena tempat duduk yang ada di Panorama Angin Berhembus cukup terbatas, apalagi jika tempat ini sedang ramai oleh wisatawan.
4. Bawalah barang bawaan anda secukupnya agar tidak menyulitkan anda untuk berkeliling di sekitaran Panorama Angin Berhembus.
Nah, bukankah tempat ini merupakan sebuah lokasi wisata yang sangat cocok untuk bersantai dan menikmati indahnya alam. Apalagi ditemani dengan semilir angin yang berhembus sehingga sangat menyejukkan suasana. Maka dari itu, tempat ini sangat cocok untuk anda menikmati alam. Jadi, masukkan objek wisata Panorama Angin Berhembus sebagai salah satu tujuan wisata anda di Kota Solok. Sampai jumpa di Kota Solok!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Tidak ada komentar: