Senin, Mei 5

Teh Talua ( Teh Telor )


Hmmmm.. minuman kesukaan saya yang satu ini, kenapa ngk minuman yang simpel dan mempunyai rasa khas ini mempunyai engeri yang besar setelah meminumnya, tapi hati2 juga buat anda yang mempunyai tekanan darah tinggi atau pertama kali coba, beberapa teman saya yang pertama kali coba katanya badannya rada-rada panas. tapi kalau sudah biasa ngk ada masalah juga.

Teh Talua atau Teh Telur adalah minuman khas Sumatra Barat yang merupakan menu wajib di warung tradisional maupun restoran Padang. Minuman ini terdiri dari campuran teh, gula dan telur dan sedikit perasan jeruk nipis. Telur yang digunakan biasanya adalah telur ayam kampung. Teh talua biasanya diminum oleh para petani yang hendak meladang, sebagai penambah stamina kerja.

Minuman satu ini dikocok pakai telur, diseduh teh panas plus tetesan jeruk nipis. Aromanya sungguh menggugah selera. Apalagi kalau bukan Teh Talua (Teh Telur) namanya. Kita mungkin tidak menyangka minuman Teh Talua termasuk minuman khas daerah. Di sejumlah propinsi di luar Sumatera Barat tak banyak yang menganal minuman Teh Talua ini. Tidak saja soal nama tapi cara pengolahannya juga terkenal asing menurut mereka.
Hampir setiap malam kalau ada ngumpul2 sama teman di cafe atau rumah makan akan pesan minuman teh talua ini. hampir semua cafe dan restoran/rumah makan menyediakan minuman teh talua, jadi saya tidak susah2 mencarinya.

Ada beberapa teman2 saya kalau ingin mengetahui rumah makan padang di jawa itu orang padang atau ngknya, gampang saja membuktikannya, saat tanya minuman minta saja "TEH TELUA" kalau dia memberikan segelas TEH dan sebutir Telur bearti bukan orang padang tu. heheh cuma ini hanya sebuah gurauan juga, tapi saya pernah membuktikannya di daerah jakarta ada sebuah rumah makan padang, saat saya minta "TEH TALUA" malahan karyawannya bingung hahhaha.

Tidak ada komentar: