Jumat, Mei 9

Janjang 1000 Solok

Janjang 1000 dalam bahasa Minang, janjang memiliki arti tangga. Ya, objek wisata yang akan anda temukan ini berupa tangga, tapi bukan sembarang tangga. Dengan berwisata ke Janjang 1000 ini, anda akan menyaksikan keindahan alam yang luar biasa dari ketinggian sembari menikmati segarnya udara pegunungan.

Lokasi dan Transportasi
Objek wisata yang sangat mempesona ini, bisa anda temukan di Nagari Sulit Air, Kecamatan Sepuluh Koto Diatas (X Koto Diatas), Solok, Sumatera Barat. Nagari sendiri merupakan sebuah wilayah setingkat desa dan di bawah kecamatan. Walaupun memiliki nama yang cukup unik, Nagari Sulit Air ini sudah terkenal sebagai pusat pemerintahan atas 13 jorong (wilayah setingkat dibawah nagari).
Untuk menuju Nagari Sulit Air, anda bisa menggunakkan kendaraan-kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, tetapi, untuk berwisata di Janjang 1000, tentunya anda harus berjalan kaki karena anda akan mendaki cukup banyak anak tangga. Selain menggunakkan kendaraan pribadi, anda juga bisa menggunakkan kendaraan umum.

Sayangnya, jika anda menggunakkan kendaraan umum seperti travel, anda hanya diantar sampai jalan utama setibanya di Nagari Sulit Air, untuk menuju lokasi Janjang 1000, anda harus mencari angkutan lagi, karena perjalanan selanjutnya masih cukup jauh, sekitar 45 menit ditempuh menggunakkan kendaraan.

Kecuali jika anda menggunakkan kendaraan seperti ojek, maka anda bisa diantar langsung ke lokasi. Resiko menggunakkan kendaraan umum, anda akan kesulitan menemukan kendaraan untuk pulang.

Jika anda menggunakkan kendaraan sendiri, untuk mencapai Nagari Sulit Air, anda bisa melewati jalan provinsi Solok – Padang Panjang, ataupun Solok – Muara Bungo jika anda dari pusat Kota Solok. Memang jalannya bisa ditempuh menggunakkan kendaraan roda empat, namun kurang cocok.

Hal tersebut dikarenakan jalan yang akan anda lalui masih tergolong sempit, berbukit-bukit dan berkelok. Selain itu, ketika akan mendekati lokasi Janjang 1000 jalanannya juga belum di aspal. Untuk melihat lokasi awal Janjang 1000 ini, akan ditandai dengan adanya gapura yang bertuliskan ‘Selamat Datang di Objek Wisata Janjang Seribu’ sehingga tidak akan membingungkan anda untuk menemukan lokasi start awal pendakian anda.

Wisata
Janjang 1000 merupakan sebuah objek wisata yang sangat cocok bagi anda yang menyukai keindahan alam. Hal ini dikarenakan, tangga-tangga yang akan anda lalui, merupakan sebuah tangga untuk mendaki sebuah gunung bernama Gunung Merah Putih.

Dinamai demikian, karena gunung ini memang memiliki warna yang mirip seperti warna bendera Indonesia, yakni merah di bagian kiri atas sedangkan di bagian kanan bawah tampak berwarna putih. Uniknya dari gunung ini, bentuk tebingnya benar-benar vertikal. Bentuk vertikal inilah yang tambah menguatkan bentuk gunung ini seperti bendera kebangsaan Indonesia.

Janjang 1000 dibuat untuk memudahkan wisatawan untuk mendaki gunung yang unik ini. Untuk berwisata di Janjang 1000, anda tidak dikenakan biaya sehingga cukup menghemat wisata anda. Perjalanan mendaki anak-anak tangga ini, bisa memakan waktu sekitar 3-4 jam, tergantung kondisi fisik para wisatawan. Tetapi jangan khawatir, selama perjalanan, anda akan di suguhkan dengan pemandangan yang terasa semakin indah ketika semakin ke atas.

Menurut penjelasan masyarakat setempat, jumlah anak tangga yang ada di Janjang 1000 ini adalah 1050 anak tangga. Memang cukup melelahkan, tetapi dibalik perjalanan ini, anda akan mendapatkan pemandangan yang tak bisa anda temukan di perkotaan.

Selama perjalanan menuju puncak, anda akan menemukan 6 titik checkpoint. Checkpoint tersebut bisa anda gunakkan untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan menuju puncak. di checkpint-checkpoint ini, anda juga bisa menyempatkan untuk berfoto serta melihat pemandangan alam yang sangat mempesona.

Dari checkpoint kedua, tangga akan terasa semakin menanjak dengan kemiringan sekitar 50 derajat, selain itu, anak tangga juga sudah mulai ditumbuhi rerumputan, jadi sebaiknya lebih berhati-hati. Sedangkan pada checkpoint kelima, suasana terasa semakin indah dengan adanya padang ilalang yang tampak cantik dan dari sini, sudah tidak jauh lagi untuk tiba di puncak.

Setibanya anda di puncak, anda akan melihat pemandangan alam yang tampak lebih cantik dan mempesona. Hamparan hijau perbukitan, sawah-sawah, dan juga perdesaan, akan membuat anda takjub dan membuat rasa lelah anda terbayar.

Terlebih lagi jika anda tiba saat akan sunset ataupun sunrise, momen tersebut akan terlihat benar-benar indah jika dilihat dari atas puncak Gunung Merah Putih ini. Tetapi, jika anda ingin mendapati momen demikian, aturlah jam pendakian anda, serta siapkan penerangan seperti senter ataupun headlamp.

Tips
1. Sebaiknya bawalah kendaraan pribadi berupa sepeda motor, selain lebih sesuai dengan jalan yang akan anda lalui, anda juga tidak perlu repot mencari angkutan untuk pulang jika sudah selesai berwisata disini.
2. Bawalah perbekalan secukupnya serta barang-barang bawaan yang di perlukan saja. Seperti air minum, beberapa makanan ringan untuk mengantisipasi kelaparan, serta kamera jika anda ingin mengabadikan keindahan dari atas Janjang 1000.
3. Siapkan kondisi fisik anda sebelum memulai, karena perjalanan yang akan anda tempuh cukup melelahkan.
Objek wisata seperti ini, mungkin tidak banyak ditemukan, mendaki gunung, melalui sebuah tangga hingga kepuncak. Sangat disayangkan jika anda tidak menyempatkan diri untuk mencoba tantangan dan menyaksikan sendiri keindahan alam dari atas puncaknya. Jadi, siapkan fisik anda untuk mendaki anak tangga di Janjang 1000 dan selamat bersenang-senang!

Tidak ada komentar: