Rabu, Mei 7

Pantai Kata Pariaman

Mungkin bukan hal asing lagi bagi anda yang suka dengan wisata pantai. Pemandangan alam dengan hamparan pasir disertai gulungan ombak yang mampu membuat nyaman bagi mata yang memandangnya.

Pantai kata merupakan pantai yang masih sangat alami dan belum sepenuhnya terjamah oleh tangan manusia. Dijamin akan menghadirkan kesan yang berbeda bagi anda yang datang ke pantai ini.

Nama pantai Kata sendiri diambil dari nama dua nagari yang terdapat di dalam kawasan pantai itu, yaitu nagari Karan Aur dan nagari Taluk.

Lokasi Dan Transportasi
Lokasi pantai kata ini membentang sepanjang Nagari Taluak sampai ke Nagari Karan Aur, tidak jauh dari Selatan Kota Pariaman, hanya berjarak sekitar tiga Kilometer. Untuk menuju kesini, anda dapat menuju ke Nagari Taluak dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan menggunakan kendaraan umum.

Jika anda akan menggunakan kendaraan pribadi, maka anda dapat mencapai kesini dengan waktu yang lebih cepat, tidak perlu khawatir tersesat untuk menuju kesini, karena jalannya sangat jelas.

Jika anda akan menggunakan kendaraan umum, maka terdapat beberapa pilihan transportasi yang bisa anda gunakan, seperti bendi, ojek ataupun angkutan kota.

Untuk angkutan kota, ongkosnya sekitar Rp 3.000*) per orang sedangkan untuk angkutan bendi dan ojek rata-rata ongkosnya hanya dikenakan sebesar Rp 7.000*) per orang.

Wisata
Pantai kata selalu menjadi salah satu tujuan favorit bagi masyarakat yang ingin berlibur. Tidak hanya wisatawan lokal yang datang kesini, bahkan wisatawan asing pun sering datang untuk menikmati suasana di pantai ini.

Tidak hanya untuk berlibur, bahkan sering pula fotografer sengaja datang untuk mencari lokasi dan mengambil objek foto di tempat ini. Biasanya mereka datang kesini pada sore hari untuk mengambil foto pepohonan pinus dan cemara dengan latar matahari terbenam.

Lokasinya yang tidak jauh dari kota dengan banyaknya transportasi yang memadai menjadikan pantai ini sangat mudah untuk ditemukan dan dikunjungi kapan saja.

Pada hari-hari libur besar ataupun libur akhir pekan, tempat ini akan semakin ramai dikunjungi, terutama bagi pemuda-pemudi sekitar, namun demikian tak jarang pula banyak wisatawan yang datang bersama keluarga.

Pantai ini terkenal dengan keindahan pemandangan alamnya yang masih sangat alami. Pasir-pasir pantai yang bersih dan putih terhampar luas, menjadi tempat yang sangat menarik untuk anak-anak bermain.

Lingkungan pantai kata masih sangat terjaga keasriannya, jika anda tidak ingin berbasah-basahan bermain air, maka anda dapat menikmatinya dengan hanya duduk di tepi pantai menikmati suasananya sambil menunggu sunset. Suasana di pinggir pantai kata sangat cocok untuk bersantai sambil melihat deburan ombak-ombak.

Adanya pohon-pohon pinus dan cemara yang tumbuh di sekitar bibir pantai membuat tempat ini menjadi begitu rindang, ditambah lagi dengan hembusan angin laut yang sangat sejuk, dijamin akan membuat anda nyaman dan betah untuk berlama-lama berada di pantai ini.

Bentuk kontur pantai yang terbilang cukup landai serta tidak adanya batuan karang, memungkinkan anda untuk berenang di sekitar bibir pantai, apalagi dengan ombak yang ketinggiannya cukup sedang, sangat cocok dan aman buat anak-anak yang ingin bermain air.

Walaupun situasinya sangat mendukung, namun anda tetap harus waspada dengan keadaan sekitar, terutama jika anda mengajak anak-anak untuk bermain di dalam air, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain dengan pesona pemandangan alamnya yang sangat indah, anda bisa pula menuju ke perkampungan nelayan yang tidak jauh dari pantai. Disana anda bisa melihat aktifitas nelayan yang sibuk dengan pekerjaannya.

Penduduknya sangat ramah dengan kedatangan pengunjung. Rasa kekeluargaan yang tinggi akan dapat dirasakan saat anda mampir dan mengobrol dengan mereka.

Pemandangan disini akan bertambah indahnya saat menjelang sunset. Pergerakan matahari yang mulai tenggelam di ufuk barat dengan langit yang mulai tampak memerah, dihiasi dengan nelayan yang sedang berusaha melawan ombak untuk pergi melaut, ditambah dengan pemandangan sekumpulan kerbau yang berendam di muara dari balik rumput hijau yang bergoyang tertiup angin laut.

Sambil anda duduk di bibir pantai bersama teman atau keluarga menghadap laut lepas dengan angin sepoi-sepoi yang berhembus akan menghadirkan suasana yang hangat dengan keakraban canda tawa yang tidak akan bisa anda beli.

Pesona inilah yang terdapat di pantai kata yang selalu membuat pengunjung ingin kembali lagi ke pantai ini.

Tips
1. Jangan membuang sampah sembarangan, sebaiknya masukkan saja sampah anda ke dalam kantong sampai akhirnya di buang ke tempat sampah.
2. Bawalah barang keperluan anda secukupnya, jangan sampai memberatkan perjalanan.
3. Sebaiknya datanglah kesini pada sore hari, karena pemandangannya akan lebih indah pada waktu tersebut.
4. Bawalah bekal makanan dan minuman, karena di pantai ini jarang sekali terdapat penjual makanan dan minuman kecuali pada hari libur.
5. Sebaiknya anda tidak berenang terlalu jauh, karena tempat ini masih alami dan masih sepinya pengawasan dari petugas setempat.
Walaupun pantai ini masih terbilang cukup sepi, namun dengan pemandangan yang disuguhkannya dijamin akan membuat mata anda terpukau. Bersantai sambil menikmati hembusan angin laut yang sejuk dan segar disini akan membuat pikiran menjadi tenang dan nyaman.

Jika anda menyukai suasana pantai, maka jangan lewatkan tempat yang satu ini. Ajaklah serta teman dan keluarga anda agar liburan semakin menyenangkan. Selamat berlibur!

Tidak ada komentar: