Selasa, Mei 6

Air Tajun Nyarai Pariaman

Salah satu air terjun favorit di Sumatera Barat adalah Air Terjun Lembah Anai yang selalu dilewati dalam perjalanan Padang-Bukittinggi. Namun ternyata ada air terjun lain yang kini menjadi idaman baru bagi wisatawan Sumatera Barat, namanya Air Terjun Nyarai. Dari Padang, Anda masih harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam. Lokasi Air Terjun Nyarai ini agak terpelosok dan membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan hiking dari mulut Hutan Gumaran, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat. Perjalanan memang cukup berat, tapi Anda tidak perlu takut karena ada tim adventure yang akan “mengawal” perjalanan Anda.

Setelah janjian dengan tim adventure di dekat Masjid Mujahidin, Lubuk Alung, perjalanan ke Air Terjun Nyarai dilanjutkan dengan hiking yang akan memakan sedikit tenaga Anda. Perjalanan diawali dengan melewati persawahan warga, kemudian mulai memasuki Hutan Lindung Gamaran selama sekitar 2 jam perjalanan. Biasanya di dalam hutan, tim akan istirahat sekali. Setelah dua jam perjalanan, tim akan melewati sebuah sungai dan tim akan istirahat sekali lagi.

Selama dalam perjalanan, Anda bisa melihat beberapa spot menarik seperti batu berbentuk baret, sebuah goa kecil, dan bendungan tinggi yang alami. Perjalanan panjang selama lebih kurang tiga jam itu sangat aman, selama tidak terjadi hujan deras karena akan membuat medan menjadi licin. Namun semua pengorbanan itu akan hilang begitu saja ketika tim sudah sampai di Air Terjun Nyarai yang sangat indah ini. Jreng!

Air Terjun Nyarai ini memiliki tinggi sekitar 8 meter. Jika Anda datang pada musim panas, air tidak terlalu kecil namun Anda akan menemukan kolam berwarna hijau tepat di depan air terjunnya. Jika di musim hujan, air terjunnya deras dan sedikit keruh. Selain itu, Anda tidak disarankan berkunjung ke Air Terjun Nyarai ini karena kondisi yang relatif tidak aman. Jika diperhatikan, air yang turun dari Air Terjun Nyarai ini seperti dibendung oleh dua batu besar sebelum akhirnya masuk ke dalam kolam hijau itu.

Batu besar di depan air terjun itu membentuk sebuah kolam yang dasarnya bisa berwarna hijau, sangat indah dipandang mata. Di dalam kolam berwarna hijau itu banyak terdapat ikan, Anda bisa memancing atau menangkapnya dengan pistol tombak yang sudah disediakan tim adventure. Menariknya, jika menggunakan pistol tembak, Anda harus menyelam ke dalam kolam tersebut. Rasanya seru sekali karena seperti menangkap ikan dengan cara berkejar-kejaran dengan ikannya.

nda juga bisa bermain ayunan akar pohon yang menggelantung di atas kolam. Setelah berenang, Anda bisa langsung memasak ikan hasil tangkapan Anda. Ikan-ikan yang ditangkap di Air Terjun Nyarai ini, rasanya sangat enak karena dagingnya lembut, manis, dan sangat gurih. Selain bersenang-senang, Anda juga bisa merasakan nikmatnya bisa menyatu dengan alam karena Air Terjun Nyarai ini jauh dari kebisingan kota.


Tidak ada komentar: