Selasa, April 29

Pesona Panorama Tabek Patah

Panorama Tabek Patah
Berwisata adalah salah satu cara bagi sebagian orang untuk membuang kesuntukan karena rutinitas kerja. Negara Indonesia dengan ribuan pulau-pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, menjadikan wisatawan mempunyai banyak pilihan mengunjungi obyek wisata pantai. Selain pantai, sebagian wisatawan gemar mengunjungi tempat-tempat yang memiliki pemandangan alam yang indah. Sumatera Barat, selain memiliki pantai-pantai ciamik juga memiliki keunggulan dengan banyaknya panorama alamnya. Salah satunya adalah panorama alam Tabek Patah yang berada di Batusangkar, ibukota Kabupaten Tanah Datar.

Sepanjang Jalur Hijau Batusangkar - Bukittinggi 

Dari Kota Batusangkar, obyek wisata ini berjarak sekitar 16 km. Dari Kota Batusangkar menuju Tabek Patah, mata akan sering dimanjakan hijaunya hamparan sawah dan pohon oleh karena jalan utama di tempat tersebut ditetapkan oleh Pemda Tanah Datar sebagai jalur hijau. Aturan dikukuhkan pada Perda No. 5 Tahun 1994 tentang “Kawasan Agro dan Jalur Hijau". Panorama Tabek patah berada pada ketinggian tertentu karena terletak di pinggang gunung Merapi. Dari ketinggian inilah pemandangan di bawahnya terlihat menakjubkan; sawah yang berjenjang dengan latar belakang gunung Merapi.

Jika tidak disempatkan untuk berhenti dan hanya melihat sekilas di sekitar areal mungkin tidak akan pernah melihat indahnya panorama alam di tempat tersebut, karena jalan menuju panorama kurang menarik dengan pintu gerbang yang nampak mulai kusam. Namun, wisatawan akan terkesima oleh pemandangan yang luar biasa indah setelah melewati gerbang yang bertuliskan “Panorama Tabek Patah” tersebut. Nagari Tabek Patah dianugerahi dengan udara yang sejuk sehingga menyegarkan ketika terhirup. Juga akan tercium harum pucuk-pucuk pinus sebab di sekitar lokasi terdapat hutan pinus yang semakin melengkapi kesejukan di panorama Tabek Patah.

Tidak ada komentar: