Jumat, April 25

Panduan Wisata Bukittinggi



Bukittinggi merupakan salah satu kota unggulan dalam bidang pariwisata di Sumatera Barat. Lokasinya yang cukup tinggi, berada pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, membuat udara di Bukittinggi cukup sejuk. Apalagi Bukittinggi terkenal sebagai kota yang sangat menjunjung tinggi budaya dan memiliki sangat banyak objek wisata, sehingga wisatawan sangat betah berlama-lama di kota tersebut. Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk berwisata ke Bukittinggi? Simak ulasan berikut!


Transportasi

Bukittinggi dapat dicapai dengan mudah melalui perjalanan darat menggunakan bus, ELF, maupun travel dari kota-kota seperti Jambi, Pekanbaru, Medan, dan Padang. Namun, jika Anda tidak berada di kota-kota itu, hal yang perlu dilakukan adalah terbang dari kota Anda menuju Bandara Internasional Minangkabau di Padang. Antara Padang dan Bukittinggi berjarak sekitar 95 km dan bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama dua jam menggunakan angkutan umum seperti:

1. Taksi: moda transportasi ini selalu ada di Bandara Internasional Minangkabau. Anda bisa meminta taksi untuk mengantarkan Anda hingga Bukittinggi. Konsekuensinya, Anda perlu merogoh kocek lebih dalam. Taksi ke Bukittinggi biasanya mematok harga sekitar Rp 200.000 bahkan mungkin lebih.

2. Travel: merupakan alat transportasi berupa mobil Avanza, Xenia, Panther, Innova, APV, atau yang lainnya yang dijadikan sebagai angkutan umum. Travel ke Bukittinggi biasanya tersedia di Bandara Internasional Minangkabau dengan tarif sekitar Rp 50.000. Selain itu, travel juga biasa mangkal di Kota Padang, tepatnya di depan Basko Mall. Jika Anda menggunakan jasa travel yang ngetem di Basko, Anda cukup membayar sekitar Rp 25.000.

3. Tranex: merupakan nama sebuah alat transportasi umum yang beroperasi di Sumatera Barat, berupa mobil ELF. Tranex Mandiri tujuan Bukittinggi memiliki pangkalan di Ulak Karang, lokasinya dekat dengan Kampus Bung Hatta. Jika berasal dari bandara, Anda bisa naik Damri atau Tranex yang ke arah Kota Padang. Selanjutnya, Anda tinggal menuju ke Ulak Karang untuk naik Tranex Mandiri ke Bukittinggi. Ongkos Tranex dari Padang ke Bukittinggi cukup murah, hanya Rp 18.000 saja. Jika Anda naik Tranex, Anda akan diturunkan di Terminal Aur Kuning, yang terletak di pinggiran kota. Untuk sampai di pusat kota, Anda bisa menggunakan jasa angkot yang cukup banyak terdapat di sana.

Objek Wisata

Beragam objek wisata bisa dnikmati di Bukittinggi, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata belanja, bahkan wisata kuliner. Semua tersaji dengan lengkap di satu kota dengan jarak yang berdekatan satu dengan yang lainnya.

1. Jam Gadang
2. Istana Bung Hatta
3. Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan
4. Museum Rumah Adat Baanjuang
5. Museum Tri Daya Eka Dharma
6. Jembatan Limpapeh
7. Benteng Fort de Kock
8. Ngarai Sianok
9. Lubang Jepang
10. Rumah Kelahiran Bung Hatta
11. Janjang Ampek Puluah
12. Janjang Koto Gadang
13. Janjang Saribu
14. Wisata Pasar

Cara Berkeliling Bukittinggi
Objek-objek wisata di Bukittinggi kebanyakan saling berdekatan dan bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Namun, jika Anda memerlukan transportasi, terdapat pilihan berupa taksi, angkot, becak, dan delman. Salah satu moda transportasi yang paling khas di kota ini adalah delman yang banyak mangkal di area sekitar Jam Gadang. Tidak ada salahnya Anda mencoba berkeliling Kota Bukittinggi dengan alat transportasi tradisional ini.


Kuliner dan Belanja
Sumatera Barat dikenal dengan kulinernya yang lezat-lezat, bahkan telah mendunia seperti rendang. Bukittinggi adalah kota yang menjadi surga bagi pecinta kuliner. Berbagai kuliner lezat khas Sumatera Barat bisa didapatkan di sini. Sementara untuk menuntaskan hasrat belanja, Anda bisa membeli berbagai souvenir khas Bukittinggi di Pasar Atas.
    1. Nasi Kapau Uni Lis
    2. Ayam Pop Restoran Family Benteng Indah
    3. Es Cendol Ampiang Durian
    4. Rumah Makan & Restoran Simpang Raya
    5. Nasi Goreng Ajo
    6. Keripik Sanjay

      Akomodasi
      Sebagai kota wisata, Bukittinggi memang patut diacungi jempol karena memiliki beragam akomodasi yang bisa dipilih oleh pengunjungnya. Hotal berbintang tersedia, hotel murah-meriah juga bertebaran, khususnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani. Bahkan di kota ini Anda masih bisa bermalam dengan mengeluarkan uang Rp 50.000 untuk satu malam. Bagi yang ingin menikmati kenyamanan, hotel berbintang tentu menjadi pilihan. Namun, harga juga berbanding lurus.
        1. The Hills (Jalan Laras Datuk Bandaro N. 18, Bukittinggi)
        2. Hotel Royal Denai (Jalan Dr. A. Rivai No.26, Bukittinggi)
        3. Hotel Pusako (Jalan Soekarno Hatta No.7, Bukittinggi)
        4. Hotel Campago (Jalan Cempaka No.1 Guguk Bulek, Bukittinggi)
        5. Hotel Bagindo (Jalan Jenderal Sudirman No. 41-45, Bukittinggi)
        6. Hotel Murni (Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 115, Bukittinggi) ~ Rp 50.000*
        7. Hotel Srikandi (Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 117, Bukittinggi) ~ 80.000*
        8. Hotel Rajawali (Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 152, Bukittinggi)
        9. Hotel Nirwana (Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 113, Bukittinggi)
        10. Hotel Asia (Jalan Kesehatan No.38, Bukittinggi) ~ Rp 125.000*
        11. Hotel D’enam (Jalan Yos Sudarso – Dekat Benteng Fort de Kock) ~ Rp 70.000*
        12. Hotel Dahlia (Jalan Jenderal Ahmad Yani – Depan Bedudal Cafe) ~ Rp 100.000*
          *harga mulai dari

          Tidak ada komentar: