Senin, Oktober 27

Profil Yohana Susana Yembise: Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak 2014-2019 Kabinet Kerja Jokowi JK

Yohana Susana Yembise
Yohana Susana Yembise adalah perempuan Papua pertama yang menjabat sebagai menteri di Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mempercayakan salah satu jabatan menteri kepada Yohanan Yambise. Berikut ini profil dan biodata Yohana Yembise, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak 2014-2019 Kabinet Kerja Jokowi JK.

Wanita berusia 56 tahun ini sebelumnya dikenal sebagai seorang profesor di Universitas Cenderawasih Jayapura. Yohanan Yambise juga menjadi guru besar perempuan pertama dari tanah Papua.

Lahir di Manokwari, Papua, pada 1 Oktober 1958, Yohanan Yambise menempuh SD di Jayapura, kemudian SMP dan SMA di Nabire, kemudian memperoleh gelar sarjana dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP) Universitas Cenderawasih di bidang Bahasa Inggris.

Tahun 1992, Yohanan Yambise memperoleh beasiswa dari Regional Language Center (RELC), SEAMEO Singapura, untuk memperdalam ilmu linguistik terapan. Dua tahun berselang, ibu dari tiga anak ini meraih gelar master dari Departemen Pendidikan Simon Fraser University di Kanada. Tahun 2001, ia menempuh pendidikan doktoral di Universitas Newcastle, Inggris, dan lima tahun kemudian Yohanan Yambise meraih gelar Ph.D.

Yohana Susana Yembise cukup lama mengabdi di almamaternya, dari asisten dosen, dosen tetap, hingga Kepala Laboratorium Bahasa di Universitas Cenderawasih. Seabrek kiprahnya bersama sejumlah lembaga dari dalam maupun luar negeri pun turut menambah pengalaman dan kapabilitas wanita yang pernah mencalonkan diri sebagai Bupati Biak Numfor pada tahun 2013 ini.

Tidak ada komentar: