Senin, Oktober 27

Profil Rudiantara: Menteri Komunikasi dan Informasi 2014-2019 Kabinet Kerja Jokowi JK

Rudiantara
Rudiantara resmi terpilih sebagai Menteri Menkominfo (Komunikasi dan Informasi) dalam Kabinet Kerja Jokowi JK periode 2014-2019. Pria berusia 55 tahun tersebut merupakan salah satu profesional dalam kabinet baru yang telah malang melintang di dunia industri telekomunikasi sejak 1986.

Ketika mengumumkan susunan menteri dalam kabinetnya pada Minggu (26/10), Jokowi mengungkapkan sosok Rudiantara sebagai “CEO profesional yang telah memajukan sektor teknologi informasi publik di Indonesia”.

Bukan tanpa alasan. Rudiantara pernah menjabat posisi penting di Telkomsel dan XL Axiata. Pengalamannya tidak terbatas hanya dalam dunia IT. Rudiantara pernah berkecimpung sebagai wakil direktur utama PLN dan wakil direktur utama Semen Gresik. Kini, pria kelahiran Bogor tersebut masih merangkap jabatan di beberapa perusahaan seperti Telkom dan Indosat.

Tugas berat menanti Rudiantara sebagai Menkominfo. Ia harus berpacu dengan waktu untuk membawa Indonesia tidak lagi tertinggal dengan negara lain.

Dilansir oleh Kompas setidaknya ada dua tantangan utama baginya. Pertama, meningkatkan infrastruktur dan kecepatan internet di Indonesia; dan yang berikutnya, membereskan masalah tata kelola frekuensi di Indonesia. Rudiantara juga perlu membenahi masalah infrastruktur telekomunikasi wilayah Indonesia bagian Timur yang cukup ada di belakang.

Dengan modal latar belakang profesional yang kuat, Rudiantara diprediksi mampu memberikan yang terbaik sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi. Berikut profil singkat pria yang diyakini memiliki filosofi yang sama dengan Presiden Jokowi ini.

Nama: Rudiantara
Tempat/Tanggal Lahir: Bogor, 3 Mei 1959
Pendidikan Terakhir : Magister Ilmu Administrasi IPPM
Jabatan Terakhir : Komisaris PT Indosat Tbk

Tidak ada komentar: