Senin, Oktober 27

Profil Basuki Hadi Muljono: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 2014-2019 Kabinet Kerja Jokowi JK

Dr. Ir M. Basoeki Hadimoeljono, M.Sc
Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat Kabinet Kerja Jokowi JK 2014-2019 dijabat oleh Basuki Hadi Muljono. Inilah profil dan biodata Basuki Hadi Muljono, Menteri PU dan Perumahan Rakyat yang akan membantu kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Dr. Ir M. Basoeki Hadimoeljono, M.Sc Dilahirkan di Surakarta pada 5 November 1954, Basuki Hadi Muljono menghabiskan masa kecil dan remajanya dengan berpindah-pindah tempat. Hal itu karena tuntutan pekerjaan sang ayah sebagai anggota TNI Angkatan Darat (AD).

Basuki Hadi Muljono menempuh S1 di jurusan Teknik Geologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan lulus pada 1979. Kemudian, ia meraih gelar Magister (S2) dan Doktor (S3) Teknik Sipil dari Colorado State University, Amerika Serikat, pada bidang pengairan.

Pada 2005 hingga 2007, Basuki Hadi Muljono menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum. Selanjutnya hingga tahun 2013, lulusan SMA Negeri 5 Surabaya ini tercatat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum. Sebelum dilantik menjadi Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat, ia adalah Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum. Basuki Hadi Muljono sempat menjadi Komisaris Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk .Selain itu, ia juga anggota tim penanggulangan lumpur Lapindo di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, sejak tahun 2006

Tidak ada komentar: