Senin, Oktober 27

Profil Andrinof Achir Chaniago: Menteri Perencanaan Pembangunan Negara/Kepala Bappenas 2014-2019 Kabinet Kerja Jokowi JK


Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) telah menunjuk Andrinof Chaniago sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Negara/Kepala Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) untuk periode 2014-2019 dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK. Berikut ini profil dan biodata Andrinof Chaniago.

Andrinof Achir Chaniago dilahirkan di Padang pada 3 November 1962. Setelah merampungkan sekolahnya di Sumatera Barat, ia kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI). Gelar Master Perencanaan dan Kebijakan Publik diperolehnya dari Fakultas Ekonomi di perguruan tinggi yang sama. Ia juga menuntut ilmu di Fu Hsing Kang College, Taipei, Taiwan.

Sebelum menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Negara/Kepala Bappenas di Kabinet Kerja Jokowi-JK, Andrinof Chaniago adalah Ketua Umum Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia, serta pendiri sekaligus Direktur Eksekutif Cirus Surveyors Group.

Andrinof Achir Chaniago juga dikenal sebagai orang yang menggagas Visi Indonesia 2033, suatu gerakan yang mencetuskan konsep pembangunan Indonesia menuju negara maju pada tahun 2033 mendatang. Tak hanya itu, pria berusia 51 tahun ini juga tercatat sebagai pengajar di Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Jakarta.

Pada tahun 1999, ia bersama rekan-rekannya mendirikan Center for Indonesian Regional dan Urban Studies atau CIRUS. Di tahun 2008, ia mendirikan CIRUS Surveyors Group (CSG). Di sini, ia menjabat sebagai direktur eksekutif.

Ia juga aktif dalam organisasi sosial non profit seperti Anggota Dewan Redaksi Jurnal Galang. Jurnal ini mengupas pemikiran tentang penggalangan dana sosial. Selain itu, ia juga sempat menjadi Ketua III Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI).

Karya tulis yang dihasilkan Andrinof Chaniago cukup banyak, antara lain “Dampak Kenaikan Harga BBM pada Kelompok Masyarakat Near Poor Komuter di Bodetabek” (2006), “Upaya Inovasi Sistem Rekrutmen CPNS Pasca-Orde Baru” (2006), Profesionalitas dan Netralitas Birokrasi: Menuju Daya Saing Ekonomi Daerah (2007), dan lain-lain.

Ia menikah dengan Ir. Yultifani dan memiliki seorang anak yang bernama Auzi Amazia Domasti.  Saat ini, ia menjabat sebagai anggota tim Visi Indonesia 2033. Tujuan sederhana dari tim ini adalah supaya pembangunan yang ada harus sejalan dengan konsekuensi dari kondisi yang ada dan bisa mewujudkan pertumbuhan dalam hal kesejahteraan masyarakat. Tim ini beranggotakan empat orang yang sama-sama memiliki keahlian yang mumpuni, yaitu Andrinof Achir Chaniago, Ahmad erani Yustika, Mohammad Jehansyah Siregar, dan Tata Mustasya.

Nama Lengkap : Andrinof Achir Chaniago
Profesi : Dosen di FISIP UI
Agama : Islam
Tempat Lahir : Padang
Tanggal Lahir : Sabtu, 3 November 1962
Zodiac : Scorpion

PENDIDIKAN
  • - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia
  • - Program Master Perencanaan dan Kebijakan Publik, FE, UI
  • - Fu Hsing Kang College, Taipei, Taiwan
  • - S3 di Pasca Sarjana Ilmu Filsafat UI
KARIR
  • - Dosen
  • - Research Fellow di The Habibie Center
  • - Direktur Eksekutif CIRUS Surveyors Group
  • - Penulis

Tidak ada komentar: