Senin, Oktober 27

Profil Amran Sulaiman: Menteri Pertanian 2014-2019 Kabinet Kerja Jokowi JK

Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP
Satu lagi sosok profesional muda yang masuk dalam Kabinet Kerja Jokowi JK. Adalah Amran Sulaiman yang telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Pertanian Republik Indonesia untuk periode 2014-2019. Inilah profil dan biodata lelaki 46 tahun yang bergelar adat Andi Amran Sulaiman ini.

Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP., dilahirkan di Bone, Sulawesi Selatan, pada tanggal 27 April 1968. Sebelum dipercaya untuk menjabat sebagai menteri pertanian, pria yang memiliki darah keturunan dari Raja Bone ini dikenal sebagai sosok petani muda yang sukses, juga seorang praktisi pemikir dan wirausahawan yang berhasil.

Koordinator Tim Sahabat Rakyat untuk Indonesia Timur ini merampungkan SD, SMP, dan SMA di tanah kelahirannya. Tahun 1988, Amran Sulaiman menempuh kuliah S1 di Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin Makassar dan lulus pada tahun 1993. Di perguruan tinggi yang sama, ia meraih gelar master dan doktor dalam bidang Ilm Pertanian.

Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP diyakini merupakan sosok yang tepat untuk menjabat sebagai Menteri Pertanian. Penerima Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan di Bidang Wirausaha Pertanian dari Presiden Republik Indonesia pada tahun 2007 ini dikenal sebagai seorang pekerja keras, ulet, dan berprestasi.

Presiden Jokowi percaya, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP mampu menjalankan tugasnya dengan baik di bidangnya dalam pemerintahan lima tahun ke depan. “Beliau ini praktisi, pemikir dan wirausahawan muda bidang pertanian. Petani muda yang berhasil bangun modal wirausaha bidang pertanian,” kata Jokowi saat memperkenalkan Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian RI.

Tidak ada komentar: