Senin, Oktober 27

Profil Bambang Brodjonegoro: Menteri Keuangan 2014-2019 Kabinet Kerja Jokowi JK

Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.UP., Ph.D
Kabinet Kerja Jokowi JK 2014-2019 telah mempercayakan kepada Bambang Brodjonegoro untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan selama lima tahun ke depan. Ingin tahu profil dan biodata Bambang Brodjonegoro selaku Menkeu Republik Indonesia yang baru? Simak tulisan ringkas berikut ini.

Nama dan gelar lengkapnya adalah Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.UP., Ph.D. Dilahirkan di Jakarta pada tanggal 3 Oktober 2014 atau saat ini berusia 48 tahun. Usianya terbilang masih cukup muda untuk seorang yang telah memperoleh seabrek gelar serta memiliki segudang pengalaman dan prestasi.

Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.UP., Ph.D sebelumnya adalah Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia pada Kabinet Indonesia Bersatu II pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wakil Presiden Boedhiono. Oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bambang Brodjonegoro dinilai layak untuk menjabat sebagai Menkeu periode 2014-2019.

Riwayat pendidikan Menkeu penerus Muhammad Chatib Basri ini antara lain Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (S1), kemudian menempuh program magister dan doktoral di University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat.

Selain aktif di berbagai lembaga, terutama di bidang ekonomi maupun sosial, ia juga telah meraih banyak penghargaan dan beasiswa, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Sebut saja Mahasiswa Berprestasi Universitas Indonesia tahun 1989, Academic Scholarship awarded by the Indonesian Government (Agustus 1991-Desember 1995).

Kemudian Visiting Fellow dari The Institute of East Asian Studies, Thammasat University, Thailand (Maret 1999), Visiting Fellow dari The Institute of Southeast Asian Studies, Singapura (Maret-Juni 1999), Eisenhower Fellowships dalam program The Single Region Program-Southeast Asia di Amerika Serikat (September-November 2002).

Mantan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini juga pernah mendapatkan Visiting Fellow dalam program The Indonesia Project-Australian National University (ANU) di Canberra, Australia, (Desember 2004), dan memperoleh penghargaan World Bank Research Fellowship Award.

Tidak ada komentar: