Senin, Oktober 27

Profil Yasonna Hamonangan Laoly: Menteri Hukum dan HAM 2014-2019 Kabinet Kerja Jokowi JK

Yasonna Hamonangan Laoly
Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia saat ini dijabat oleh Yasonna Laoly sesuai dengan yang telah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pada tanggal 27 Oktober 2014 lalu. Inilah profil dan biodata Yasonna H Laoly, Menteri Hukum dan HAM Kabinet Kerja Jokowi JK 2014-2019.

Yasonna Hamonangan Laoly dilahirkan di Sorkam, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, pada tanggal 27 Mei 1953. Meskipun lebih dikenal sebagai politisi dari PDIP, namun Yasonna Laoly punya latar belakang di bidang hukum. Ia merupakan lulusan Fakultas Hukum dari Universitas Sumatera Utara (USU) tahun 1978 dan melanjutkan studinya ke Virginia Commonwealth University serta meraih penghargaan Outstanding Graduate Student Award.

Tahun 1983, Yasonna Hamonangan Laoly berkesempatan mengikuti Internship in Higher Education Administration Roanoke College di Salem, Virginia, Amerika Serikat. Sebelas tahun kemudian, suami Eliaye Widya Ketaren ini meraih gelar doktor dari North Carolina University.

Terpilihnya Yasonna Hamonangan Laoly sebagai Menteri Hukum dan HAM memperoleh apresiasi positif dari banyak pihak. Mantan Wakil Ketua Komisi III DPR-RI yang juga politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Almuzzammil Yusuf, misalnya, menilai Yasonna H Laoly sebagai sosok yang berdedikasi.

“Saya mengenal Pak Yasonna Hamonangan Laoly cukup lama. Beliau mantan Anggota Komisi III DPR RI pada periode 2004-2009 yang vokal dan berdedikasi tinggi,” kata Almuzzammil Yusuf.

“Saya berharap beliau bisa memberikan terobosan-terobosan baru dalam bidang hukum dan HAM terutama terkait dengan masalah kepadatan lapas dengan segala masalah yangg mengitarinya. Semoga Pak Laoly bisa sukses membenahinya,” harapnya.

Nama Lengkap : Yasonna Hamonangan Laoly
Profesi : -
Agama : Kristen
Tempat Lahir : Sorkam
Tanggal Lahir : Rabu, 27 Mei 1953
Zodiac : Gemini

Tidak ada komentar: