Senin, Oktober 5

Tour de Singkarak, Pembalap Iran Juarai Etape Terpanjang

Pembalap Iran yang memperkuat Tabriz Petrochemical Team, Mahdi Sohrabi, berhasil menjadi yang tercepat pada etape ketiga Tour de Singkarak, Senin, 5 Oktober 2015. Pembalap asal Iran itu mencatatkan waktu 4 jam 29 menit 14 detik.

Etape ketiga yang start dari Kabupaten Sijunjung menuju Sport Centre Kabupaten Dharmasraya ini berlangsung ketat. Rombongan besar terlihat masuk garis finis secara bersamaan. Mereka nyaris mencatatkan waktu yang sama, yaitu 4 jam 29 menit 14 detik.

Berdasarkan hasil etape ketiga ini, posisi kedua diraih Nur Amirullah Fakhruddin Mazuki. Pembalap Terengganu Cycling Team ini disusul Takeaki Ayabe dari Aisan Racing Team di posisi ketiga.

Mahdi mengaku etape ini cukup panjang dan berat. Namun timnya mampu melakukan kontrol yang baik. "Sehingga kita bisa mendapatkan hasil yang bagus. Saya senang," ujarnya seusai balapan, Senin, 5 Oktober 2015.

Namun, kata Mahdi, tim Pisgaman memiliki kontrol yang lebih bagus, sehingga ia tak mampu mengejar mereka di klasemen umum.

Sebanyak 121 pembalap yang tergabung dalam 21 tim kembali melanjutkan balapannya pada etape ketiga Tour de Singkarak, Senin, 5 Oktober 2015. Mereka menempuh rute terpanjang dalam lomba balap sepeda internasional tahun ini. Mereka mengayuh sepeda sejauh 184,5 kilometer. Pembalap dari 32 negara itu start dari Desa Adat Sijunjung dan real start di depan RSUD Sijunjung untuk berpacu menuju Sport Centre Koto Baru Kabupaten Dharmasraya.

Mereka melewati Pasar Ternak, Patung Garuda, Simpang Ganting, Sungai Lansek, Pasar Kiliran Jao, dan Sialang. Lalu terus melaju ke Pulau Punjung, Simpang Koto Baru, Nagari Sitiung, dan Koto Laweh. Kemudian balik lagi ke Sialang, Koto Baru, Pasar Koto Baru, Abesiat, Pasar Abesiat, dan finis di Sport Centre Koto Baru Kabupaten Dharmasraya.

Etape ini memiliki tiga titik sprint, yaitu di kilometer 23,5 tepatnya di kawasan depan kantor Pendidikan Sijunjung, kilometer 105 atau tepatnya di Pulau Punjung, dan titik sprint terakhir di kilometer 148 tepatnya di Pasar Koto Baru.

Pembalap Philipina, Mark John Lexer Galedo, berhasil menguasai kompetisi sprint tersebut. Ia merebut Green Jersey dari pembalap Iran, Hossein Askari. Mark John, yang tergabung dalam tim 7 Eleven Roadbike Philippine, mengumpulkan 11 poin.

Tidak ada komentar: