Jumat, Oktober 2

Kabut Asap Hantui Pembalap Tour de Singkarak 2015

Pelaksanaan kejuaraan balap sepeda Internasional Tour de Singkarak (TdS) 2015 yang akan dilaksanakan pada 3-11 Oktober 2015, terancam terganggu akibat kabut asap yang menyelimuti wilayah Sumatera Barat.

Kepala Global Atmotfer Word atau GAW, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Bukittinggi, Edison Kurniawan, Jumat (2/10) mengatakan, kabut asap yang menyelimuti wilayah Sumbar sepanjang Jumat tidak sehat. Meskipun kondisinya tidak sehat, masih berfluktuatif atau berbeda masing-masing daerah.

Edison Kurniawan menjelaskan, pada pelaksanaan etape pertama dari Painan, Kabupaten Pesisir Selatan hingga finish di Pariaman, kondisi udara akibat kabut asap sedang. Jarak tempuh yang dilalui pebalap sepanjang 136 kilometer sejak start di Pantai Carocok Painan hingga finish di Pantai Tiram, Pantai Gandoria, melewati tiga daerah, yaitu Pesisir Selatan, Kota Padang dan Padang Pariaman.

Beda dengan etape II yang dijadwalkan pada Minggu (4/10) yang mengambil start di Kabupaten Padang Pariaman dan finish di Kabupaten Solok.

Kontributor Elshinta, Mustofa melaporkan, berdasarkan perkiraan BMKG, cuaca pada pelaksanaan TdS etape kedua, kondisinya buruk.

Kondisi yang sama juga terjadi pada etap III dan IV. Etape ketiga mengambil titik start di Kabupaten Sijunjung dan finish di Kabupaten Dharmasraya. Sedangkan, etape IV, finish di Kota Sawahlunto dan finish di Kabupaten Solok Selatan.

Edison mengatakan, perkiraan cuaca beberapa hari ke depan hanya batasan saja untuk melihat bahwa kondisi potensi kualitas udara ke depan cukup fluktuatif.

Sementara itu etape V sampai 9, kondisi udanya sedang hingga baik. Kondisi udara yang diperkirakan sedang pada saat pebalap melintas di daerah itu antara lain, pada etape V dam VI yaitu 50 Kota Payakumbuh, Bukittinggi dan Tanahdatar.

Kondisi udara yang diperkirakan aman, masing-masing etape VII, VIII dan IX, yaitu Pasaman, Pasaman Barat, Agam, Padang Panjang dan Kota Padang.Kejuaraan balap sepeda Internasional Tour de Singkarak ketujuh digelar, para pebalap menempuh rute sepanjang 1.300 kilometer. Etape pertama akan dimulai pada Sabtu 3 Oktober 2015 di Kabupaten Pesisir Selatan. Dari titik start di Pantai Carocok, peserta balap finish di Pantai Gondoriah, Kota Pariaman. Rute sepanjang 136 kilometer melintasi Pantai Carocok, Tarusan, Bungus, Teluk Bayur, Padang, Bandara, Pantai Tiram, Pantai Gandoria.

Tidak ada komentar: