Jumat, Oktober 2

Etape 1 Tour de Singkarak didominasi trek landai

Pesisir Selatan - Etape 1 Tour de Singkarak didominasi trek landai. Tiga titik sprint dan dua poin King of Mountain kategori rendah akan tersaji.

Start etape 1 akan dimulai dari Pantai Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (3/10/2015), jam 11.00 siang WIB. Garis finis bertempat di Pantai Gandoria, Pariaman.

Selepas Ceremonial Start di Pantai Carocok, pebalap akan memulai balapan sesungguhnya setelah 8,5 km tepatnya di Painan. Melalui Bayang, pebalap kemudian akan masuk titik sprint pertama di Tarusan.

Setelah adu sprint, titik King of Mountain pertama sudah menanti. Para pebalap akan melalui tanjakan Gerbang Batas yang merupakan tanjakan kategori 4, berketinggian 184 mdpl.

Selepas tanjakan Gerbang Batas, trek terjal lainnya menunggu para pebalap. Tanjakan kategori 4 lainnya tersaji di Mercu Suar, yang kali ini berketinggian 146 mdpl.

Setelah itu, adu kencang secara maksimal kembali bisa diperagakan para pebalap di dua titik sprint, yakni di jalan Jendral Sudirman dan Pasar Lubuk Alung.

Di titik tersebut, para pebalap sudah melalui sekitar 110 km. Ada 53 km tersisa untuk para pebalap menentukan posisi akhir di etape ini.

Dengan trek seperti ini, para pebalap tipe sprinter bakal lebih diandalkan dibandingkan climber. Namun demikian, tiap tim tentu punya strategi masing-masing untuk menempatkan diri di posisi terbaik.

Secara keseluruhan, etape 1 menempuh jarak 163 km. Para pebalap akan menyusuri lintasan di pesisir pantai Sumatera Barat.

Tidak ada komentar: