Rabu, November 26

Delapan Pantai Terindah di Sumatera Barat

Provinsi Sumatera Barat sudah tidak diragukan lagi akan kekayaan budayanya yang begitu kental, keindahan pegunungan dan lembah yang memukau. Banyak yang belum tahu kalau Sumatera Barat mempunyai banyak pantai yang belum terjamah dan belum banyak wisatawan tahu. Bahkan, masyarakat Sumatera Barat yang banyak saya jumpai ternyata juga belum pernah ke sebagian besar pantai-pantai indah ini. Apa saja pantai yang menarik dan indah untuk dikunjungi di Sumatera Barat. Berikut nama-nama pantai tersebut.

1. Pantai Pariaman
Terletak tidak jauh dari Kota Pariaman. Pantai ini memiliki pasir putih dan landai, serta ombak tidak terlalu besar sehingga cocok untuk berenang dan bermain. Sepanjang pantai ditumbuhi pohon cemara sehingga terkesan sejuk dan asri.

Pantai ini dikenal dan selalu ramai terutama pada waktu perayaan rakyat tabuik dan libur nasional. Tetapi yang menjadi favorit saya mengunjungi pantai ini ketika matahari terbenam (sunset), di mana warna dan awannya begitu memukau siapa saja yang datang ke sini.

2. Pantai Painan
Salah satu pantai yang terletak di ujung Sumatera Barat, yaitu Pantai Carocok merupakan pantai yang terdapat di Painan. Untuk menikmati pantai ini pengunjung harus membeli tiket masuk. Di pantai ini pengunjung bisa bersantai dan berjalan ke tengah melalui jembatan dermaga. Pengunjung bisa puas bisa dapat banyak angle foto yang bagus disini.

3. Pantai Air Manis

Dari pagi hingga sore, Anda bisa berjalan kaki ke pulau yang memiliki luas satu hektar ini melalui air dangkal. Di sore hari, air pasang mulai naik dan Anda harus menggunakan perahu untuk kembali. Di sebelah kanannya, ada pulau lain yang disebut Pisang Besar. Penduduk lokal di pulau ini sebagian besar petani dan nelayan.

4. Pantai Pasumpahan
Pantai Pasumpahan yang terletak di Pulau Pasumpahan yang berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Oleh karenanya pulau ini dekat dengan Kota Padang, Anda hanya naik speedboat dari Teluk Bungus. Gara-gara keindahan lautnya membuat pulau ini mulai dikenal oleh wisatawan lokal dan internasional.

Pulau Pasumpahan di Sumatera Barat Pulau Pasumpahan berada sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai. Pulau ini memiliki obyek wisata pantai pasir putih dengan terumbu karang yang masih terjaga. Selain itu pulau ini menjadi tempat berteduh atau berkumpulnya para nelayan. Sepanjang pantai wisatawan bisa melihat aktivitas nelayan yang sedang menangkap ikan maupun menjaring ikan.

5. Pantai Pagang
Hamparan pasir di sepanjang pantai Pagang yang disertai deburan ombak menjadi daya utama pantai ini. Sebuah pulau mungil yang melayang di lepas pantai, menjadi bonus pemandangan yang bernilai. Bentangan pantai landainya yang dialasi miliaran butir pasir putih, suasananya yang hening memang daya tarik unggulan dari pulau ini.

Di sini para wisatawan akan serasa terisolir jauh keriuhan kota meski sebenarnya hanya selangkah dari keramaian kota. Berkeliling di pulau ini bakal terasa menyenangkan.

Dengan berjalan kaki wisatawan dapat menyaksikan panorama alam sekeliling pulau yang begitu memanjakan mata. Maka tidak salah kalau Pulau Pagang ini disebut sebagai salah satu Pantai terindah di Sumatera Barat.

6. Pantai Bungus
Pantai ini terletak dekat dengan Kota Padang, hanya berjarak kurang dari 1 jam kita bisa ke pantai ini. Yang membuat pantai ini indah karena letaknya di teluk, sehingga garis pantai kita bisa nikmati. Akan lebih indah jika kita paragliding dan menikmati keindahan pantai dari atas udara.

7. Pantai Pisang Kecil dan Pisang Besar
Untuk bisa maksimal menikmati pantai ini caranya dengan menaiki bukit yang dekat dengan Pantai Air Manis. Di sini tampak jelak keindahan pantai dan pulau yang berada di kawasan ini. Pantai ini merupakan tempat favorit saya, karena sambil menikmati pantai kita bisa memotret para teman-teman yang paragliding di daerah ini.

8. Pantai Pemutusan
Pantai Pemutusan di Pulau Pemutusan ini diharapkan akan menjadi daerah tujuan wisata unggulan di Provinsi Sumatera Barat. Pulau ini terletak di sebelah barat. Untuk menuju pulau ini memakan waktu 60 menit dari Pulau Pisang dengan mesin 45 PK.

Potensi wisata bawah laut di kawasan wisata bahari pantai barat Kota Padang adalah kawasan ekosistem terumbu karang yang terdapat hampir di setiap pulau, di antaranya di Pulau Gosong.

Selain dari terumbu karang berbagai jenis ikan karang/ikan-ikan hias juga sangat menarik untuk dinikmati oleh wisatawan. Di perairan Kota Padang ditemukan 21 jenis ikan kepe-kepe yang didominasi oleh Chaetodon trifascialis. Lokasi-Iokasi penyelaman yang sudah mulai dipasarkan kepada wisatawan.

Tidak ada komentar: