Selasa, Oktober 25

The Makkah Royal Clock Tower

Arsitek : Dar Al Handasah Architectes
Pelaksanaan Pembangunan : Saudi Binladin Group
Lokasi : Seberang Jalan Masjidil Haram

The makkah royal clock tower adalah menara tertinggi kedua di dunia dan juga memiliki jam terbesar di dunia, enam kali lebih besar dan jauh lebih tinggi dari Big Ben di London. memancarkan 16 sinar cahaya dengan pengeras suara dipasang di puncak menara yang akan melantunkan suara adzan dari masjidil haram hingga terdengar sampai 7 kilometer.
Keunikan Menara Jam Mekah lainnya adalah setiap datang waktu salat, 21 ribu lampu hijau dan putih akan berpendar-pendar. Ini tanda untuk mengingatkan kaum muslimin untuk salat. Lampu ini bisa dilihat dari jarak 18 mil atau 28,8 kilometer. Sinar cahaya tersebut juga bermanfaat bagi umat yang mempunyai kesulitan dalam pendengaran untuk mengetahui waktu sholat.
Jam empat sisi itu berdiameter 151 kaki dan akan diterangi dua juta lampu led serta dilengkapi tulisan berhuruf arab ukuran besar yang berbunyi, “dalam nama allah”. Jam akan berjalan berdasarkan standar waktu arabia (ast), yang tiga jam mendahului gmt. Pada puncak menara terdapat bulan sabit untuk melambangkan islam dengan berlapiskan emas, tinggi bangunan tersebut hampir 2.000 kaki, yang menjadikannya sebagai bangunan tertinggi kedua di dunia.


Tidak ada komentar: